Masyarakat yang Ingin Tukar Uang Persiapan Lebaran, Catat Tempat dan Jadwalnya!

Sebanyak Rp 4,7 triliun disediakan Bank Indonesia tahun ini untuk menghadapi momen lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Masyarakat yang Ingin Tukar Uang Persiapan Lebaran, Catat Tempat dan Jadwalnya!
TRIBUNPEKANBARU.COM/THEO RIZKY
Ilustrasi - Warga menukarkan uang kartal untuk keperluan lebaran pada hari kedua penukaran uang di halaman Kantor Bank Indonesia Perwakilan Riau, Pekanbaru, Kamis (15/6/2017). Bank Indonesia menyiapkan Rp 4,4 milyar setiap hari selama waktu penukaran uang di tempat tersebut dan bekerjasama dengan 30 bank untuk menyalurkannya. Penukaran uang ini akan berlangsung lagi pada Senin sampai Rabu (19-21/6/2017). Bank Indonesia menghimbau agar masyarakat dapat menukarkan uangnya di bank-bank dan bukan pada jasa penukaran uang yang marak ada di pinggir jalan. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menghadapi momen lebaran, yang pada kebiasaan tiap tahunnya kebutuhan masyarakat akan uang kartal meningkat dan kebutuhan untuk penukaran uang dalam pecahan kecil meningkat.

Bank Indonesia akan buka tempat penukaran uang bagi masyarakat pada 30 sampai 31 Mei 2018 mendatang.

Kegiatan penukaran uang ini kemudian akan disusul pada 4 sampai 6 Juni 2018 mendatang.

Kepala Kantor Perwakilan BI Riau, Siti Astiyah, Senin (21/5) saat acara buka puasa bersama dengan awak media mengatakan untuk lokasi penukaran uang akan dipusatkan di Masjid Agung Annur Pekanbaru.

Sebanyak Rp 4,7 triliun disediakan Bank Indonesia tahun ini untuk menghadapi momen lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Baca: Panas Melanda, Suhu Di Pakistan Mencapai 44 Derajat Celsius, 65 Orang Tewas

Ia mengatakan jumlah uang disediakan ini meningkat Rp 500 miliar dari uang yang disediakan BI pada momen yang sama tahun lalu.

"Kita menambah jumlah uang kartal yang disediakan tahun ini pada momen lebaran karena alasan libur yang panjang pada momen lebaran tahun ini," katanya pada Tribunpekanbaru.com.

"Di momen liburan panjang kecenderungan masyarakat membelanjakan uang akan lebih tinggi, karena itu ditahun ini kami sediakan lebih," tambahnya.

Siti mengatakan pecahan uang yang disediakan pada kegiatan penukaran uang mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 20.000

Dikatakan selain di tempat penukaran uang masyarakat juga bisa melakukan penukaran uang di banyak kantor pelayanan bank yang ada.

Baca: Jangan Sampai Terlewatkan! Ini 3 Waktu Utama Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan, Setahun Sekali!

Ia mengatakan jika uang kartal yang disediakan belum mencukupi kebutuhan masyarakat, Bank Indonesia pada tahun ini akan memenuhinya dengan membuka kantor lebih cepat dua hari dari kantor perbankan lainnya setelah lebaran.

Siti mengimbau kepada masyarakat agar hanya melakukan penukaran uang ditempat penukaran uang yang disediakan Bank Indonesia dan kantor pelayanan perbankan.

"Diimbau kepada masyarakat untuk menghindari melakukan penukaran uang ditempat penukaran uang yang banyak ditawarkan perseorangan di pinggir jalan," katanya.

Siti menyampaikan hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah masyarakat mendapat uang palsu dan juga mengeluarkan uang lebih banyan dari yang nilai seharusnya di dapatkan.  (*)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved