Rehabilitasi Narkoba di RSJ Tampan Biaya Ditanggung Kemenkes

Bagi masyarakat yang memiliki keluarga pecandu narkoba silahkan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Tampan untuk dilakukan Rehabilitasi.

Rehabilitasi Narkoba di RSJ Tampan Biaya Ditanggung Kemenkes
TribunPekanbaru/TheoRizky
ilustrasi rehabilitasi 

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Bagi masyarakat yang memiliki keluarga pecandu narkoba silahkan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Tampan untuk dilakukan Rehabilitasi.

Apalagi bagi yang kurang mampu rehabilitasi dilakukan secara gratis.

Demikian dikatakan Direktur Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau Haznelli Juwita Selasa (22/5/2018).

Baca: Lima Pelajar di Pekanbaru yang Tercyduk Pesta Narkoba di Rumah Kosong Akhirnya Direhabilitasi

Pihaknya memiliki tempat untuk rehabilitasi untuk orang dengan ketergantungan obat atau Rehabilitasi Napza.

Dimana dengan Program Wajib Lapor (PWL) biaya rehabilitasi pasien akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sampai dengan batas yang ditertentu.

"Jadi bagi yang korban narkoba dan ketergantungan obat lainnya silahkan datang saja ke Instalasi Program Wajib Lapor Napza, untuk pembiayaan semua ditanggung pemerintah, "ujar Hasneli.

Baca: Rehabilitasi Residen Narkoba Ditanggung Pemerintah, Ini Penjelasan BNN Pekanbaru

Maka saat datang ke IPWL tersebut akan dilakukan assesment, untuk mengetahui apakah pasien akan dirawat inap atau hanya berobat jalan, jika perlu dirawat inap maka akan di Rehab.

Dari pengalaman selama ini menurut Hasnelli, biasanya untuk rehabilitasi akan dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan, selama berada di RSJ maka biaya ditanggung Kementerian Kesehatan.

Baca: 31 Orang yang Terjaring Razia BNN Riau Direhabilitasi di RSUD Meranti

"Selain anggaran dari pusat juga ada juga sharing anggaran dengan Provinsi khususnya untuk keperluan makan pasien selama di Rumah Sakit, "jelas Hasneli.

Selain untuk rehabilitasi penderita narkoba, di RSJ Tampan juga menurut Hasneli Juwita juga menyediakan pelayanan untuk anak dengan Berkebutuhan khusus atau autis. Pihaknya memiliki dokter Subspesialis Jiwa anak dan remaja.

"Sekarang ini banyak masyarakat yang belum tahu, jadi kami Himbau jika ada keluarga yang menderita akibat narkoba dan anak dengan Berkebutuhan khusus datang saja ke RSJ Tampan, "ujar Hasneli.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved