Indragiri Hilir

Menilik Manfaat Sistem Informasi Terintegrasi Berbasis Aplikasi Mobile yang Diluncurkan Pemkab Inhil

Diskominfops Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan segera meluncurkan sistem informasi terintegrasi berbasis aplikasi mobile.

Menilik Manfaat Sistem Informasi Terintegrasi Berbasis Aplikasi Mobile yang Diluncurkan Pemkab Inhil
Tribunpekanbaru/T.Muhammadfadhli
Kepala Bidang P4KSDKI Diskominfo Inhil, Trio Beni Putra, memimpin rapat teknis terbatas membahas Sistem Informasi Terintegrasi Berbasis Aplikasi Mobile bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Inhil dan lembaga pelayanan umum non - Pemerintahan, Senin (28/5/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfops) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan segera meluncurkan sistem informasi terintegrasi berbasis aplikasi mobile.

Selain dapat digunakan masyarakat untuk berbagi informasi, aplikasi mobile yang dapat diunduh langsung di fitur play store ini, ternyata juga dinilai sebagai langkah nyata aksi pemberantasan korupsi dan upaya meredam laju berita palsu atau hoax yang beredar, baik di media arus utama maupun sosial media.

Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Inhil, Erwin mengatakan, berkenaan dengan aksi pemberantasan korupsi, pencanangan pembuatan aplikasi mobile memang dipandang sebagai tugas dan kewajiban Diskominfops selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama sehingga terdapat transparansi atas kinerja seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Baca: Segera Meluncur, Ini Keunggulan Sistem Informasi Terintegrasi Berbasis Aplikasi Mobile Pemkab Inhil

Baca: Buaya yang Serang Warga Sungaitohor Diduga dari Kecamatan Lain, Alasan Ini Menguatkan 

“Apa yang dilakukan Diskominfops sudah sejalan dengan pencanangan Aksi Pemberantasan Korupsi oleh Pemerintah pusat yang berlaku efektif tahun ini. Aplikasi mobile yang dibuat akan berfungsi sebagai alat kontrol kinerja OPD. Kedepan, semoga tidak ada asumsi negatif seperti penyelewengan kewenangan oleh OPD karena semua sudah transparan," ujarnya saat menghadiri rapat teknis terbatas membahas Sistem Informasi Terintegrasi Berbasis Aplikasi Mobile bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Inhil dan lembaga pelayanan umum non - Pemerintahan, Senin (28/5/2018) siang.

Selanjutnya, Erwin menjelaskan, anggapan aplikasi mobile sebagai instrumen meredam laju hoax dapat dilihat dari mekanisme input - output data serta informasi OPD dan lembaga non - pemerintahan yang dilakukan oleh operator berintegritas.

Menurut Erwin, skema netizen report juga dapat dipertanggungjawabkan karena pelaporan oleh masyarakat hanya dapat dilakukan setelah individu masyarakat tersebut mendaftarkan diri dengan identitas yang lengkap.

"Sewaktu masyarakat mengunduh aplikasi, misalnya di Play Store mereka juga harus memberikan identitas untuk dapat login di aplikasi. Jadi, sumber referensi atas laporan masyarakat itu lebih jelas dalam sistem yang akan diterapkan ini. Artinya, kemungkinan penyebaran berita palsu atau hoax itu dapat dikatakan tidak ada,” tandas Erwin.

Baca: Pemprov Sudah lapor Presiden, Kemenag Riau Tunggu Putusan Pusat Soal Embarkasi Haji Antara

Baca: Rasio Elektrifikasi Listrik Riau 80 Persen, Siak Mulai Meningkat Inhil Masih Tertinggal

Rencana ini sudah mulai dipersiapkan oleh Diskominfo Inhil dengan menggandeng sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Inhil dan lembaga pelayanan umum non - Pemerintahan dalam rapat teknis terbatas yang digelar Diskominfo, Senin (28/5/2018) siang.

Beberapa pihak yang dihadirkan sebagai peserta rapat merupakan OPD dan lembaga non - Pemerintahan yang menyentuh aspek pelayanan dasar masyarakat, seperti Dinas Pendidikan, Badan Layanan Umum Daerah RSUD Puri Husada Tembilahan, BPJS Kesehatan, Dinas Pariwisata dan Badan Perizinan, Penanaman Modal dan Promosi Daerah Kabupaten Inhil.

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved