Jelang Lebaran, Bank Swasta Diminta Partisipasi Siapkan Penukaran Uang

Tingginya permintaan penukaran uang oleh masyarakat, jelang Lebaran Idul Fitri ini, harus direspon baik oleh perbankan.

Jelang Lebaran, Bank Swasta Diminta Partisipasi Siapkan Penukaran Uang
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Warga menukarkan uang di mobil kas keliling di Halaman Masjid Agung An Nur, Pekanbaru (30/5/2018). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tingginya permintaan penukaran uang oleh masyarakat, jelang Lebaran Idul Fitri ini, harus direspon baik oleh perbankan.

Terutama Bank Indonesia (BI), selaku leading sektor yang bertanggung jawab.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST, Rabu (30/5/2018) menegaskan, meski kini BI sudah membuka beberapa tempat penukaran uang.

Namun diyakini belum bisa mengakomodir permintaan masyarakat.

"Kita tahu, di BI sendiri juga jasa penukaran uang, kemarin di Masjid Agung Annur juga. Tapi alangkah lebih baiknya, disurati juga bank-bank swasta, agar membuka gerai penukaran uang. Sehingga masyarakat mudah untuk menukarkan uang," pinta Sigit kepada Tribunpekanbaru.com.

Baca: Fahri Hamzah: Bagus Pak Jokowi, yang Begini Pasti Saya Bela

Sekadar gambaran, di Kota Pekanbaru saat ini sudah banyak bank swasta dan semi pemerintah yang beroperasi. Seperti halnya BNI, Bank Mandiri, BRI, Permata Bank, BNI Syariah, Maybank, BRI Syariah, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, Bank Syariah Mandiri, BTN, Bank BJB, Bank DKI, BCA dan lainnya.

Jika semua bank tersebut membuka penukaran uang, maka sesungguhnya masyarakat tidak akan merasa sulit menukarkan uangnya.

Lebih dari itu, jasa penukaran uang di tepi jalan, juga akan sepi pengunjung. Apalagi jasa penukaran uang di tepi jalan, legalitasnya tidak bisa dipastikan.

"Banyak dampak positifnya jika kebijakan ini diterapkan. Termasuk juga aksi kriminalitas. Tapi itu juga, BI harus mensupply uang pecahan di bank-bank swasta tersebut. Terutama pecahan Rp 5.000, Rp 10.000, 20.000 dan Rp 50.000. Diyakini pecahan ini yang banyak diminta masyarakat," terangnya.

Baca: VIDEO: Layanan Penukaran Uang di Halaman Masjid An-Nur Provinsi Riau

Bagaimana pelayanan penukaran tahun lalu, Politisi Demokrat ini menyampaikan, selain BI, beberapa swasta juga buka penukaran uang.

Namun tidak maksimal. Sehingga banyak juga masyarakat menukarkan uang di jasa penukaran tepi jalan.

"Tahun ini, kita harapkan ada perubahan lah. Kita dari DPRD dukung sejauh untuk kepentingan masyarakat banyak," katanya. (*)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved