Dumai

Salahi Izin Tinggal, Imigrasi Dumai Segera Deportasi 2 TKA Asal China

Pihak Imigrasi Dumai segera mendeportasi dua orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ke negara asalnya.

Salahi Izin Tinggal, Imigrasi Dumai Segera Deportasi 2 TKA Asal China
Tribun Pontianak/Galih Nofrio Nanda
Pekerja asing dari PTJieneng Electrical Power dan PT Bumi Nusantara saat diamankan Direktorat Reskrimum Polda Kalbar dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar di proyek pembangunan PLTU Wilayah I PT PLN di Desa Jungkat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Pontianak, Selasa (19/3/2013). Sebanyak 78 pekerja kebanyakan warga negara RRC diamankan karena diduga tidak mempunyai izin kerja di Indonesia dan bila terbukti akan dideportasi. (Tribun Pontianak/Galih Nofrio Nanda) 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAIKOTA - Pihak Imigrasi Dumai segera mendeportasi dua orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ke negara asalnya.

Mereka sedang menyusun teknis pemulangan dua Warga Negara Asing (WNA) yang diduga bekerja tanpa izin resmi di areal PT.Mega Green Technology Dumai.

Baca: Kadisnaker Dumai Imbau Segera Bayarkan THR Bagi Pekerja

Petugas Imigrasi Dumai mengamankan keduanya pada 17 Mei 2018

Mereka diduga menyalahi izin tinggal di Indonesia.

Mereka seharusnya tidak bekerja dengan visa kunjungan bisnis. Pihak Imigrasi Dumai pun bakal mendeportasi keduanya dalam waktu dekat.

"Kami sudah menyusun teknis pemulangan kedua WNA itu ke negara asalnya," terang Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Imigrasi Dumai, Rangga Putra Yudha kepada Tribundumai.com, Rabu (30/5/2018).

Baca: Terbukti Pakai Boraks, Dinkes Dumai Tutup Sementara Satu Tempat Produksi Mie Kuning

Menurutnya, kedua TKA tersebut sudah jalani serangkaian pemeriksaan. Pemeriksaan sudah berlangsung hampir dua pekan. Mereka fokus memeriksa dan mengumpulkan bukti terkait dugaan penyalahgunaan izin tinggal.

Baca: Nekat Buka Malam Hari Satpol PP Dumai Tutup Paksa 2 Warnet 

Para WNA itu kini tidak bisa bekerja lagi di areal perusahaan. Mereka saat ini dalam pantauan pihak Imigrasi Dumai. Manajemen PT.Mega Green Technology menyebut bahwa dua WNA asal China bukanlah pekerja di perusahaannya.

Baca: Belum Ditahan 2 WNA Asal Cina yang Diamankan Imigrasi Dumai Dalam Pemantauan

Mereka mengaku hanya mempekerjakan dua TKA di areal perusahaan kawasan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Mereka tercatat di Imigrasi Dumai memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved