Aptisi Riau Gelar Pertemuan Bahas Pencegahan Paham Terorisme Masuk Kampus

Pertemuan selama satu jam oleh pimpinan perguruan tinggi yang ada di Riau ini mendiskusikan apa saja langkah kampus

Aptisi Riau Gelar Pertemuan Bahas Pencegahan Paham Terorisme Masuk Kampus
istimewa
Pengurus Aptisi Riau foto bersama usai membahas pencegahan paham terorisme dan radikalisme yang masuk ke dunia kampus di Stikes Hang Tuah Pekanbaru, Senin (4/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Asosiasi perguruan tinggi swasta Indonesia (Aptisi) wilayah Riau merasa prihatin atas apa yang terjadi di lingkungan Universitas Riau (UR) dengan penggeledahan oleh Densus 88 dan ditangkapnya beberapa orang terkait dugaan terorisme.

Atas kejadian itu, Aptisi Riau melakukan pertemuan di Stikes Hang Tuah Pekanbaru untuk membahas pencegahan paham terorisme dan radikalisme yang masuk ke dunia kampus.

Demikian disampaikan ketua Aptisi wilayah Riau dr H Zainal Abidin MPH yang juga dihadiri perwakilan perguruan tinggi swasta Riau diantaranya Univeritas Lancang Kuning, Universitas Islam Riau, Univeritas Abdurrab, Politeknik Caltex Riau, STIKES Hang Tuah, dan STMIK Hang Tuah. Senin (4/6/2018).

Baca: Sabu Terbesar dalam Sejarah Polda Sumbar Berhasil Diungkap, Kurirnya Penyiar Radio 

Baca: VIDEO: Civitas Akademika UNRI UR Deklarasi Kecam Keras Terorisme

Baca: Pascapengeledahan Densus 88 Rektor Unri Pimpin Deklarasi Kecam Tindakan Terorisme

Pertemuan selama satu jam oleh pimpinan perguruan tinggi yang ada di Riau ini mendiskusikan apa saja langkah kampus untuk mencegah terjadinya bibit radikalisme dan terorisme masuk kampus.

Ditemui usai pertemuan, Zainal Abidin mengatakan, pertemuan para pimpinan perguruan tinggi swasta di Riau ini sengaja digelar atas kejadian yang terjadi di lingkungan UR, dan hasil pertemuan ini Aptisi Riau siap mengamankan kampus masing-masing, dan juga mohon pengarahan dan pengayoman dari Kapolda, Danrem dan Pemda Provinsi.

Aptisi Riau siap melaksanakan perintah dan menerima masukan dan melaksanakan apa yang harus dilakukan, agar kejadian di Unri tidak terulang lagi.

"Aptisi Riau siap melaksanakan perintah untuk dilaksanakan di kampus masing masing agar tidak ada kejadian seperti di Unri, dan ini adalah gerak cepat Aptisi wilayah Riau dan diperlukan masukan polda Riau, TNI dan pihak-pihak lainnya," ujar Zainal.

Ditambahkannya, pihaknya siap mendukung Polri dan TNI dalam mencegah tumbuhnya bibit bibit paham radikalisme dan terorisme.

"Dalam waktu dekat kita akan bertemu Kapolda dan Danrem untuk berdiskusi mencegah paham-paham ini agar tidak berkembang di kampus, karena di kampus mahasiswa adalah generasi bangsa," tutup Zainal.(*)

Penulis: TheoRizky
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved