Pekanbaru

Curahan Hati THL Pemko Pekanbaru yang Tak Dapat THR, 'Sedih Rasanya Bang'

Ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemko Pekanbaru dipastikan tidak akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR)

Tribunpekanbaru
Tunjangan hari raya (thr) 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemko Pekanbaru dipastikan tidak akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Kabar ini pun membuat THL yang bekerja dilingkungan Pemko Pekanbaru merasa sedih.

Apalagi sebelumnya sempat beredar kabar jika THL akan mendapatkan THR.

Baca: Tak Dapat THR Lebaran Ini, THL: Allah Tak Akan Tidur

Tidak diberikan THR kepada honorer ini karena Pemko Pekanbaru menjalankan instruksi Presiden dan surat Kementerian Keuangan terkait pemberian THR kepada THL yang tahun ini ditiadakan.

"Sedih rasanya bang, ngak dapat THR kami. Padahal kemarin katanya dapat. Ngak tau kenapa kok tiba-tiba dibatalkan," kata Amalia salah seorang THL dilingkungan Pemko Pekanbaru.

Baca: Kabar Baik untuk THL Pemkab Kepulauan Meranti Percepat Pencairan Gaji 

"Biasalah bang, kalau mau lebaran ka butuh banyak biaya. Untuk beli baju anak, beli kue, belum lagi untuk mudik pulang kampung. Tapi mau diapakan lagi bang. Kalau nggak dapat THR ya di rumah ajalah lebaran ini," ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, M Noer, mengatakan tahun lalu memang ada dianggarkan THR untuk honorer dan dibayar saat menjelang Idul Fitri.

Namun, setelah dievaluasi, ternyata honorer tidak dibenarkan diberi THR sehingga tahun ini tak lagi dianggarkan.

Baca: Sehari Sebelum Penggerebekan Densus 88 di Kampus UR, Mahasiswi Ini Sempat Dengar Ada Suara Ledakan

"Kemarin memang sempat kita anggarkan THR untuk honorer di lingkungan Pemko Pekanbaru. Namun dengan kebijakan pusat anggaran tersebut tidak ada lagi hal tersebut sesuai dengan kebijakan Kementerian Dalam Negeri tentang tidak ada lagi THR bagi tenaga honorer ini," katanya.

Pihaknya meminta kepada masing-masing ruang lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Pekanbaru bisa patungan atau mungkin punya alokasi dari anggaran sendiri untuk memberikan THR.

"Itu kami serahkan kepada OPD yang punya tenaga honerer dan THL. Mereka sama seperti kita bekerja. Jadi pemberian THR sekarang berdasarkan kebijakan Kepala OPD," ujarnya.

Baca: Tak Dapat THR Lebaran Ini, THL: Allah Tak Akan Tidur

Untuk membantu para THL agar sama-sama mendapatkan THR, beberapa OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru berinisiatif mengumpulkan dana yang disisihkan dari THR para ASN di OPD tersebut. Lalu dikumpulkan dan dibagian ke seluruh THL yang ada di OPD tersebut.

"Kami tadi sudah rapat dan sepakat sebagian THR kami sisihkan. Setelah terkumpul semua nanti bagi kami berikan ke THL. Ini bentuk kepedulian kami sebagai ASN kepada THL yang selama ini bertugas bersama kami," kata Plt Kepala BPKAD, Alek Kurniawan.

Baca: Pasca Penggerebekan Terduga Teroris, Ini Langkah yang Diambil Rektor UR dan Jajaran

Seperti diketahui, saat ini setidaknya ada 5.847 tenaga harian lepas yang bekerja dilingkungan Pemko Pekanbaru. Mereka ada yang bekerja sebagai petugas kebersihan hingga petugas dibagian administrasi. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved