Dishub Akan Cek Seluruh Moda Transportasi Jelang Mudik Lebaran 2018

Untuk memastikan kelaikan transportasi untuk mudik, Dishub Riau akan melakukan pengecekan

Dishub Akan Cek Seluruh Moda Transportasi Jelang Mudik Lebaran 2018
ist
Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru, bersama Dishub Kota Pekanbaru dan juga balai pengelola transportasi darat wilayah IV kementrian perhubungan darat melaksanakan kegiatan pemeriksaan kondisi dan kelaikan kendaraan (Ramp Check) terhadap angkutan umum penumpang di terminal AKAP Payung Sekaki, Rabu (30/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com,  Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Dinas Perhubungan Provinsi Riau akan melakukan pengecekan terhadap fisik seluruh moda angkutan transportasi yang digunakan saat mudik lebaran tahun ini. Pengecekan akan dilakukan masing-masing Dishub di Kabupaten/Kota di Riau.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Taufiq Usman Hamid seluruh angkutan mudik lebaran harus dicek karena untuk keselamatan penumpang saat mudik nanti.

Baca: FGPHSND Rohul Gelar Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim

Kesiapan Angkutan Lebaran itu dilakukan uji mulai dari KIR, pengujian kelayakan jalan kendaraan di Kabupaten/Kota, dan Provinsi juga melakukan Run Chek, pemeriksaan apakah kendaraan itu layak jalan.

"Saya sudah kordinasi sebelumnya kepada Dishub Kab/kota untuk memeriksa kelayakan kendaraan itu. Seperti Ban, Rem, Lampu, itu harus benar-benar dipastikan aman dan layak, "ujar Taufiq Usman Hamid

Menurut Taufiq dengan adanya pengecekan yang dilakukan sebelum pelaksanaan mudik bisa mengurangi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan saat mudik.

Baca: Begini Nasib Percintaan Kamu di Bulan Juni Menurut Zodiak

"Karena kecelakaaan tahun lalu turun. Karena kordinasinya dengan instansi terkait bersama pemerintah terwujud dengan baik, terutama dalam mengecek sebagaimana kendaraan jelang mudik, "jelas Taufiq.

Jika berkaca pada tahun lalu juga menurut Usman pengawasan dari pihak kepolisian juga bagus dalam melakukan pengawasan lalu lintas sehingga bisa menekan angka kecelakaan.

"Makanya ditahun lalu terjadi penurunan angka kecelakaan sekitar 30 persen. Kita harapkan tahun ini juga bisa lebih ditekan lagi, "ujarnya.

Makanya kepada pihak sopir angkutan mudik juga dilakukan tes kesehatan, bagi pengemudi yang tidak sehat maka direkomendasikan untuk tidak membawa kendaraan.

Baca: Kini Susah Membedakan Orang Baik-baik dan Pencopet, Waspada Saat di Keramaian Jelang Lebaran!

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved