Breaking News:

Pilgub Riau 2018

Poster Jalan Santai Memuat Angka dan Warna Diduga Mirip APK Paslon Gubernur, Begini Kata Bawaslu

Bersempena hari jadi Kota Pekanbaru ke 234, Pemko Pekanbaru akan menyelenggarakan kegiatan jalan santai bersama masyarakat

Penulis: Alex | Editor: Afrizal
Tribunpekanbaru/alex
Poster Jalan Santai 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Bersempena hari jadi Kota Pekanbaru ke 234, Pemko Pekanbaru akan menyelenggarakan kegiatan jalan santai bersama masyarakat.

Namun dalam selebaran jalan sehat yang akan dilaksanakan Pemko Pekanbaru pada tanggal 24 Juni mendatang tersebut, tampak ada angka 3 tertulis di sana, dengan kalimat 3 hadiah utama.

Namun angka 3 tersebut mirip dengan angka 3 yang menjadi simbol Firdaus-Rusli, yakni paduan antara warna biru dan hijau yakni simbol yang digunakan oleh Firdaus-Rusli, sebagai bentuk paduan warna bendera partai, Demokrat biru dan PPP hijau.

Ditanyakan hal ini kepada Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, menurutnya poster tersebut memang memuat angka 3 yang mirip sekali dengan angka 3 APK Paslon Gubernur nomor urut 3.

Baca: Pengembang Living World Tak Kunjung Pasang Dishub Letakan Rambu Larangan Tak Permanen 

Baca: Diperiksa KPK, Ini Kata Bupati Bengkalis Amril Mukminin Soal Uang 1,9 M yang Diamankan di Rumahnya

"Tipe huruf dan warnanya sangat mirip, warna poster dan ornamen-ornamen melayunya juga mirip dengan salah satu Paslon, dan ini kita nilai ada unsur kesengajaan," kata Rusidi kepada Tribun, Kamis (7/6/2018).

Dikatakan Rusidi, masyarakat bisa berpersepsi panitia sengaja mengarahkan desain poster pada salah satu Paslon, seharusnya menurut dia Panitia menghindari hal-hal seperti ini.

Sementara itu, anggota Bawaslu Riau, Neil Antariksa mengatakan, hal itu memiliki unsur kampanye, karena itu pihaknya akan menindaklanjuti jika nantinya hasil kajian dan analisa pihaknya memang mengarah pada kampanye.

"Jika memang mirip atau sama, itu tidak boleh, itu ada unsur kampanye, pelaksananya ASN, kita akan tindaklanjuti dan akan kita proses," tegasnya.

Sementara itu, sejumlah foto yang menunjukkan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tampan berfoto bersama masyarakat, yang mengangkat jari dengan menunjukkan nomor 3.

Sebagaimana diketahui, pasangan calon gubernur Riau nomor urut 3 yakni Walikota Pekanbaru yang saat ini sedang cuti kampanye, Firdaus MT.

Foto tersebut tampak dibagikan di beberapa grup Whatsapp, dan sebagian anggota grup menyatakan itu pelanggaran.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, hal tersebut dalam aturan dibolehkan.

"Karena yang bersangkutan tidak menunjukkan angka dengan jari seperti warga lainnya. Di satu sisi, ASN dibolehkan ikut kampanye," kata Rusidi kepada Tribun.

Baca: Bupati Bengkalis Amril Mukminin Berjalan Usai Diperiksa Penyidik KPK

Baca: Bentuk Rasa Syukur, Pegawai Kejari Rohul Berbuka Puasa Bersama dengan Anak Yatim

Ditanya terkait larangan ASN tidak boleh ikut berkomentar dan mendukung di media sosial, menurutnya hal tersebut memang benar, dan itu membuatnya bingung.

Di satu sisi ASN tidak boleh memberi jempol status atau tentang calon kepala daerah, namun di sisi lain ASN dibolehkan mengikuti kampanye calon.

"Itulah yang membuat kita bingung, sementara menlike foto calon saja tak boleh, tapi di sisi lain KASN membolehkan ASN ikut kampanye, asalkan tidak pakai atribut, dan tidak menunjukkan dukungan," tuturnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved