Dishub Imbau Pemudik Perhatikan Rambu untuk Hindari Kemacetan

Dishub Riau mengimbau pemudik untuk mengikuti rambu-rambu untuk mencari jalur alternatif hindari macet

Dishub Imbau Pemudik Perhatikan Rambu untuk Hindari Kemacetan
Tribunpekanbaru
Arus mudik lebaran 

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Dinas Perhubungan Provinsi Riau prediksi puncak peningkatan arus mudik lebaran di Riau bakal terjadi pada Rabu (13/6) atau H-2 lebaran. Peningkatan jumlah penumpang akan terjadi untuk semua moda transportasi baik udara darat dan laut.

"Sesuai prediksi kami akan mengalami peningkatan pada H-2 Lebaran karena diprediksi hari itu terakhir beraktivitas terutama swasta, "ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Taufiq Usman Hamid kepada Tribun Senin (11/6/2018)

Baca: Begini Dampak Minuman Soda, Turunkan Tingkat Kesuburan Hingga Sebabkan Masalah Jantung

Peningkatan yang paling signifikan akan terjadi pada moda transportasi udara, sehingga pihaknya bersama Angkasa Pura juga sudah melakukan kordinasi untuk mengantisipasi jika terjadi peningkatan penumpang dan harus menambah fligh.

"Sudah kita komunikasikan dengan pihak Penanggung jawab semua moda transportasi untuk Udara ada Angkasa Pura, dengan darat ada pihak Terminal dan laut dan sungai tentunya dengan KSOP, "ujar Taufiq.

Baca: Dibekali RAM 10 GB, Benarkah Ini Ponsel dengan Spesifikasi Paling Gahar?

Perlu diperhatikan dan dipersiapkan sejak jauh-jauh hari untuk Riau sendiri berubahnya moda transportasi masyarakat dari darat ke udara. Sebagaimana yang terjadi tahun 2017 dan 2016 silam moda transportasi udara meningkat 50 persen.

"Sedangkan angkutan darat menurun 35 persen, ini tentu harus menjadi antisipasi sejak dini, cenderung berubahnya moda transportasi masyarakat, "jelas Taufiq.

Baca: Pesawat Garuda Alami Pecah Ban Saat Landing di Bandara Kualanamu, Lihat Foto-fotonya

Maka dengan demikian lanjut Taufiq upaya penambahan armada penerbangan oleh maskapai dan kordinasi dengan pihak Angkasa Pura juga dilakukan.

"Tentunya penambahan penerbangan juga akan disiapkan, dan sebelum hari H puncak arus mudik lebaran sudah dipersiapkan semuanya, "ujar Taufiq.

Baca: Dimas Kanjeng Kembali Muncul, Kini Pamerkan Uang Segepok Sampai Sebut Teroris

Taufiq juga mengakui masyarakat lebih memilih yang efisien dan praktis sehingga memilih moda transportasi udara, apalagi dengan sudah banyaknya penerbangan yang menghubungkan kota dari Pekanbaru ke kota lainnya di di tanah air.

Untuk jalur darat sendiri yang terlihat mencolok pada puncak arus mudik itu berada pada jalur Barat yang menghubungkan antara Riau - Sumbar, dimana jalur ini menjadi jalur terpada setiap musim mudik tiba.

Baca: Apa Sebenarnya Penyebab Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang?

"Kalau darat paling yang paling ramai itu jalur Barat, dan meskipun padat tidak akan ada sampai macet total kecuali ada gangguan jalan, apalagi kendaraan truk dan bertonase berat sudah tidak beroperasi lagi sehingga pemudik juga bisa lebih nyaman,"ujarnya.

Untuk menghindari jalur padat yang biasanya disebabkan pasar tumpah, hendaknya pemudik menurut Taufik memperhatikan rambu dan himbauan untuk memilih jalur alternatif yang disediakan pihak Perhubungan dengan Kepolisian.

Baca: Unggah Foto Bareng Anak, Sule Tulis Caption Sabar Ya Nak, Netizen Beri Dukungan

"Misalnya untuk menghindari jalur padat Rimbo Panjang, itu ada jalur alternatif dan ada penunjuk arah, kemudian antisipasi pasar tumpah Danau Bingkuang juga ada jalur alternatif, untuk pasar tumpah di pasar Kampar akan dibuat rekayasa lalu lintas. Sedangkan pasar tumpah Kuok juga akan ada jalur alternatif, pemudik cukup perhatikan penunjuk arah dan Intruksi petugas di lapangan, "jelas Taufiq.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved