Tekno

Telkomsel Catat Kota Pekanbaru Alami Kenaikan Trafik Data Tertinggi di Sumatera

Telkomsel mencatat kenaikan trafik data hingga lebih dari 29 persen di H-1 Lebaran atau Malam Takbiran 2018 hingga

Telkomsel Catat Kota Pekanbaru Alami Kenaikan Trafik Data Tertinggi di Sumatera
Foto/Istimewa
Layanan Telkomsel 4G LTE di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Dalam upaya mendukung event Asian Games 2018, Telkomsel bersiap untuk mengimplementasikan teknologi terkini TDD Massive MIMO yang memungkinkan BTS 4G mengirim dan menerima lebih dari satu sinyal data secara bersamaan dalam kanal radio yang sama sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan LTE. 

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU -- Telkomsel mencatat kenaikan trafik data hingga lebih dari 29 persen di H-1 Lebaran atau Malam Takbiran 2018 hingga Hari pertamaIdul Fitri.

Sedangkan pada hari lebaran, kenaikan amencapai 122 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017.

Trafik penggunaan layanan yang tertinggi terkonsentrasi di wilayah Kota Medan, Kota Pekanbaru, Kota Palembang yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata, dimana pengunaan data di area ini menembus angka rata rata 219 TB (Terabyte) saat momen H-1 hingga hari pertama lebaran.

Adapun wilayah yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data tertinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018 untuk Area Sumatera adalah Kota Pekanbaru dimana kenaikan terpantau hingga lebih dari 149 persen menjadi sekitar 175 TB saat momen H-1 hingga hari pertama Lebaran.

Baca: Pohon Kematian dan Paling Berbahaya di Dunia, Rasa Manis Gigitan Pertama Sebabkan Kematian

Baca: Video Blunder De Gea jadi Sorotan, Fernando Hierro Beri Dukungan

Berdasarkan data yang dihimpun Telkomsel, trafik Telkomsel saat momen Lebaran 2018 khusus data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 129 persen menjadi sekitar 3,30 TB (Terabyte). Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2017. Jika dibandingkan dengan hari normal 2018, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 33 persen.

Kenaikan juga masih tercatat tinggi di hari Lebaran, yaitu sekitar 29,25 persen menembus angka lebihdari 1440 TB. Jika dibandingkan dengan hari normal 2018, angka trafik data ini naik sekitar 31,72 persen.

Penggunaan layanan data pada H-1 Lebaran dan saat Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang dilalui atau disinggahi oleh pemudik dan beberapa lokasi wisata Sumatera seperti Alun-alun Taman Merdeka Pangkal Pinang, Pos Kota Kerinci, Taman Kota Baturaja.

Sedangkan layanan suara dan SMS di momen lebaran ini tercatat cenderung stagnan, dimana layanan suara mengalami penurunan sebesar -0,48 persen di hari Lebaran menjadi sekitar 487 juta menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di hari normal 2018.

Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 16 persen di malam takbiran.

"Untuk tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman," kata General Manager External Communications Telkomsel, Denny Abidin, Sabtu (16/6).

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved