Breaking News:

Riau Street Musician Perkenalkan Musik Lokal dan Nusantara pada Masyarakat

Hari pertama Car Free Day (CFD) Kota Pekanbaru, setelah Idul Fitri dan lokasi perdana diadakan di Jalan Sudirman, Pekanbaru.

TRIBUNPEKANBARU.COM/ZUL INDRA
Anggota Riau Street Musician tengah menghibur warga yang sedang berolahraga di CFD, Minggu (24/6/2018). (Zul Indra) 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com: Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Minggu (24/6/2018) merupakan hari pertama Car Free Day (CFD) Kota Pekanbaru, setelah Idul Fitri dan lokasi perdana diadakan di Jalan Sudirman, Pekanbaru. Meski jumlah masyarakat yang berolahraga dan bersantai belum sebanyak CFD di Jalan Diponegoro, namun semangat Riau Street Musician untuk mempromosikan komunitasnya tidak surut.

Mereka memainkan irama-irama klasik dan lokal menggunakan alat-alat musik tradisional.

Warga pun antusias melihatnya, bahkan sebagian dari mereka berfoto bersama tim Riau Street Musician.

Baca: Latihan PSPS Senin Besok Bakal Dipimpin Pelatih Kepala

Ketua Riau Street Musician, Hardi Wahyudi mengatakan komunitasnya baru terbentuk pada bulan Ramadan kemarin, walau demikian, mereka sudah melakukan berbagai kegiatan dari mal ke mal, untuk memperkenalkan komunitasnya.

"Sama seperti di bulan Ramadan, di CFD ini kita mengenalkan kepada masyarakat bahwasanya Riau Street Musician sudah hadir di Pekanbaru. Kami membuka pintu lebar bagi masyarakat yang ingin bergabung dengan komunitas dan ingin belajar musik klasik,"ujar Hardi.

Baca: PLN Belum Nyalakan Lampu Jalan, Sigit: Itu Cara Preman Namanya

Ia melanjutkan, tujuan utama dibentuknya Riau Street Musician adalah lebih mengenalkan berbagai macam musik, terutama musik tradisional lokal, klasik dan nusantara, seperti Kampar,  Melayu dan irama daerah lainnya di Indonesia.

"Alatnya juga klasik, disesuaikan dengan tema lagu yang kita mainkan. Walau demikian, kita juga tak menutup diri memainkan musik modern seperti lagu pop, namun tetap dengan irama klasik,"ucapnya.

Baca: FOTO: Hari Perdana HBKB di Jalan Sudirman Pekanbaru

Meski bermain musik secara sukarela, namun tim Riau Street Musician tak asal memainkan alat musik mereka. Sebelum tampil, mareka latihan dahulu di purna MTQ Pekanbaru.

"Jadi, anggota kita tidak memberikan musik yang asal saja kepada masyarakat, namun berkonsep dsn berirama merdu,"sambungnya. (*)

Penulis:
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved