Dua Turis Diusir dari Malaysia Karena Joget di Depan Rumah Ibadah Pakai Busana Minim

Kedua turis perempuan dijatuhi hukuman denda sebesar 25 ringgit dan langsung dikawal menuju bandara setempat.

Dua Turis Diusir dari Malaysia Karena Joget di Depan Rumah Ibadah Pakai Busana Minim
SCMP / THE PAPER.cn
Tangkapan layar video saat kedua turis perempuan berbusana minim berjoget di depan masjid Kota Kinabalu.(SCMP / THE PAPER.cn) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KINABALU - Dua perempuan wisatawan asal China dijatuhi sanksi denda dan diusir keluar Malaysia setelah melakukan perbuatan yang dianggap tak sopan di depan sebuah rumah ibadah.

Kedua perempuan, Wan Han (37) dan Zhang Na (25) merekam aksi mereka berjoget di depan Masjid Kota Kinabalu di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, yang kemudian mereka unggah ke dunia maya.

Video tersebut langsung menuai kecaman dari warga negara mayoritas Muslim tersebut.

Kasus itu pun sampai pada Dewan Masjid yang kemudian menilai tindakan kedua turis perempuan sebagai perbuatan tak pantas dan memutuskan kunjungan keduanya di Malaysia harus ditangguhkan.

Melansir dari SCMP, pihak kepolisian mengatakan, kedua turis perempuan juga dijatuhi hukuman denda sebesar 25 ringgit (sekitar Rp 88.000) dan langsung dikawal menuju bandara setempat.

Baca: Sakit Gigi Bikin Merana, Coba Obati dengan Cara Alami Menggunakan Bahan Berkhasiat Ini

Keduanya langsung diminta menaiki penerbangan kembali ke China.

Demikian dilaporkan situs berita Sohu, pada Jumat (29/6/2018).

"Belum lama ini dua turis perempuan China merekam video menari mereka di atas dinding masjid terapung di Kota Kinabalu," tulis pernyataan yang dikeluarkan kantor Konsulat China di Kinabalu, Selasa (26/6/2018).

"Insiden ini telah beredar ke media sosial dan mendapat reaksi buruk dari komunitas setempat," tambah pernyataan.

Kementerian Pariwisata Sabah bersama Biro Imigrasi dan Departemen Kepolisian Kota telah bekerja sama dalam menggelar penyelidikan dan pihak pengelola masjid telah menghentikan kedua pengunjung yang bersalah.

Konsulat juga mengingatkan kepada turis China yang berkunjung ke Sabah untuk selalu mematuhi hukum dan peraturan negara yang dituju.

" Turis harus menghormati tradisi dan adat istiadat setempat, mengikuti arahan pemandu dan tidak membicarakan hal yang tabu. Mereka harus menjaga citra baik turis China," kata pihak konsulat dalam pernyataannya.

Baca: 7 Benda Pemicu Tumor Otak pada Anak, Putra Marcella Zalianty Baru Mengalaminya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Joget Pakai Baju Minim di Depan Rumah Ibadah, Dua Turis Diusir dari Malaysia", https://internasional.kompas.com/read/2018/06/30/18443021/joget-pakai-baju-minim-di-depan-rumah-ibadah-dua-turis-diusir-dari.
Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: M Iqbal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved