Pekanbaru

Sekdako Pekanbaru Minta OPD Segera Tindaklanjuti Temuan BPK, Jika Tidak. . .

Sekdako Pekanbaru akan menegur OPD yang belum menindaklanjuti LHP dari BPK RI. Pemko sendiri mendapat opini WTP

Sekdako Pekanbaru Minta OPD Segera Tindaklanjuti Temuan BPK, Jika Tidak. . .
ist
bpk 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Meski mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau, namun sejumlah temuan atas laporan keuangan Pemko Pekanbaru tahun 2017 masih menjadi pekerjaan rumah yang harus ditindaklanjuti.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Mohd Noer MBS berjanji akan menegur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kota Pekanbaru yang belum menindaklajuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

Baca: Hari Terakhir Coaching Clinic dan Managemen of Band Musical Education Masih Mencuri Antusias Peserta

"Kami yakin apabila pengawasan intern dilakukan secara maksimal maka laporan keuangan yang kita sampaikan ke BPK RI di akhir tahun anggaran bisa lebih baik lagi," katanya akhir pekan kemarin.

Tidak hanya kepada OPD yang menjadi temuan BPk, M Noer juga meminta Inspektorat untuk lebih intensif melakukan pembinaan dan review secara berkesinambungan mulai dari penganggaran hingga pelaporan pelaksanaan penganggaran OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Babak 16 Besar Piala Dunia dan Piala AFF U-19 2018

"Perlu adanya komitmen dari kita semua terhadap anggaran yang ada. Jika kompilasi dari setiap SKPD ditata maka ini akan berdampak baik untuk pembangunan Kota Pekanbaru," ujarnya.

Sebelumnya, Kasubbag Humas dan TU BPK RI Perwakilan Riau, Tulus Budhisatria Rikit, mengungkapkan, dalam pemeriksaan laporan keuangan Pemko Pekanbaru tahun 2017 BPK RI Perwakilan Riau menemukan sejumlah permasalahan-permasalahan terkait sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Baca: BAZNas Kabupaten Siak Targetkan 700 Anak Akan Dikhitan

Diantara yang menjadi temuan BPK atas laporan keuangan Pemko Pekanbaru tahun 2017 yaitu penatausahaan penerimaan Pendapatan Asli Daerah pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang dinilai tidak tertib.

Kemudian, BLUD Puskemas belum menyusun laporan keuangan secara memadai.

Selanjutnya, penatausahaan plat uji kir di UPTD Pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan yang tidak tertib.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved