Breaking News:

Rencana Riau Miliki Moda Transportasi Kereta Api, Dewan Sebut Perkembangannya Menggembirakan

DPRD Riau menyatakan pembangunan kereta api di Provinsi Riau sudah memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan hingga saat ini.

Istimewa
Perjalanan perdana Kereta Api (KA) Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Padang – Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Pihak DPRD Riau menyatakan pembangunan kereta api di Provinsi Riau sudah memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan hingga saat ini.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau, Aherson mengatakan, pihak Pemprov Riau sudah memiliki master plan aktivasi kereta api sudah ada di dinas terkait Pemprov Riau.

"Saat ini master plannya sudah ada di tangan dinas terkait. Diharapkan pada tahun ini sudah ada mulai pembahasan, akan kita usahakan. Sehingga pada tahun berikutnya tinggal dilakukan pematangan. Ini sudah mulai mengerucut," kata Aherson kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (2/7/2018).

Baca: DPC Demokrat Bengkalis Gelar Halal Bihalal Bersama Anak yatim

Dikatakan Wakil Ketua DPD Demokrat Riau ini, setelah masuknya gubernur Riau nantinya, hal tersebut menurutnya akan menjadi PR, dan diharapkan bisa dituntaskan sesuai dengan rencana.

"Kepentingan aktivasi kereta api untuk Riau sudah sangat tinggi di Riau. Nanti akan kita bahas, apakah kereta api barang atau ditambahkan juga untuk kereta api penumpang, kita bahas bersama bubernur baru nanti," ulasnya.

Baca: Baru Tiga Hari, Klip Lagu Meraih Bintang untuk Asian Games Milik Via Vallen Jadi Trending

Penggunaan kereta api menurut Aheraon di Riau lebih kepada untuk angkutan barang. Karena selama ini banyak jalan yang rusak akibat kendaraan pengangkut barang.

"Bahkan anggaran untuk perbaikan jalan tidak pernah cukup. Jika ada fasilitas pengangkut berupa kereta api, angkutan barang bisa dialihkan," ujarnya.

Untuk mekanisme pembangunan rel hingga pembelian kereta menurut Aherson bisa dilaksanakan dengan pihak perusahaan.

"Yang akan menggunakan banyak perusahaan juga nantinya. Jadi mekanisme nya bisa saja di kerjasamakan dengan perusahaan nantinya," tuturnya.

Baca: Pelaksanaan Pilgubri 2018, Panwaslu Bengkalis: Tidak Ditemukan Pelanggaran

Halaman
12
Penulis: Alex
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved