Dumai

Wako Dumai Launching Penetapan Kawasan Pantai Puak Teluk Makmur

Wako Dumai letakkan batu pertama dan luncurkan penetapan kawasan wisata Pantai Puak Teluk Makmur sebagai kawasan wisata berbasis budaya melayu di Riau

Wako Dumai Launching Penetapan Kawasan Pantai Puak Teluk Makmur
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
Walikota Dumai Zulkifli As lakukan peletakan batu pertama 

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com, Rino Syahril

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Selain menjadi Kota Industri di Riau, Kota Dumai juga bertekad ingin menjadi kota wisata di Riau.

Sebagai bentuk wujud itu, Jumat (13/7/2018) Walikota (Wako) Dumai Zulkifli As lakukan peletakan batu pertama dan launching penetapan kawasan wisata Pantai Puak Teluk Makmur sebagai kawasan wisata berbasis budaya melayu di Riau.

Penetapan pantai puak sebagai kawasan wisata itu kata Walikota Dumai Zulkifli As, tujuannya adalah untuk memacu perkembangan kepariwisataan dan menciptakan lokasi kunjungan rekreasi dan tempat hiburan keluarga di Riau dan khususnya di Dumai.

Baca: VIDEO: Wako Dumai Launching Penetapan Kawasan Wisata Pantai Puak Teluk Makmur

"Jadi saat ini kita ingin memajukan sektor pariwisata di Dumai dan salah satunya dengan menetapkan pantai puak di kelurahan teluk makmur ini sebagai kawasan wisata agar lebih diminati masyarakat," ujar Zulkifli As.

Penetapan kawasan Pantai Puak Teluk Makmur itu tambah Zulkifli As, merupakan satu program prioritas pengembangan kepariwisataan di Dumai. "Apalagi saat ini pemerintah pusat juga lagi gencar-gencarnya mengembangkan sektor wisata," ucapnya.

Baca: Terkait Pengemis yang Narik Uang Rp 115 Juta di Bank, Ada Kisah Mengejutkan di Baliknya

Menurut Zul As, potensi Pantai Puak saat ini sudah mulai bagus penataannya dan itu ditandai dengan banyaknya tingkat kunjungan wisatawan lokal. "Hal itu tentunya sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat tempatan," ungkap Zul As.

Pantai Puak tersebut kata Zul As lagi, termasuk penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dumai."Oleh karena itu secara bertahap objek wisata ini akan kita kembangkan," paparnya.

Baca: Terungkap Cara Serta Motif AS Membunuh dan Buang Jasad Kekasihnya ke Sungai Umban

Lokasi kawasan pantai puak tersebut juga direncanakan jadi wisata religi dengan pembangunan masjid apung dan wisata agrobisnis untuk peningkatan perekonomian masyarakat melalui hasil pertanian dan produk kerajinan lokal.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Dumai Fauzi Efrizal menyampaika, pantai puak merupakan objek wisata yang sudah ditetapkan jadi kawasan wisata unggulan dikembangkan untuk pilihan masyarakat. "Pantai Puak ini juga sudah kita tetapkan menambah PAD Kota Dumai Rp30 juta setahun dari retribusi parkir dan pas masuk yang dikelola masyarakat tempatan," ujarnya.

Baca: Peristiwa Berdarah di Jalan Suka Karya Tampan, Seorang Lelaki Meninggal Disabet Samurai

Untuk pengembangan tambah Fauzi, tahun 2018 ini Pantai Puak mendapat bantuan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp1,1 miliar. "Sedangkan untuk kunjungan selama lebaran mencapai 42 ribu orang. Jadi sangat perlu kita kembangkan dan kita akan minta dukungan dana dari Pemerintah Pusat," ucap Fauzi.

Sebagai pimpinan di Kelurahan Teluk Makmur, Medang Kampai, Dumai, Lurah Teluk Makmur Ismail S.sos sangat mendukung dan mensuport keinginan Walikota Dumai tersebut. "Dan kita sudah berkomitmen dengan Dinas Pariwisata," ujarnya.

Oleh karena itu untuk menarik pengunjung kata Ismail, dirinya bersama Dinas Pariwisata dan masyarakat akan menggelar berbagai perlombaan di Pantai Puak Teluk Makmur. "Perlombaannya adalah Lombayung atau Perahu kecil, gasing dan layang- layang. Kegiatan itu akan kita laksanakan 17 Agustus," ucapnya.

Baca: VIDEO: Mendaftar ke KPU, PKS Kampar Pastikan Tanpa Bacaleg Koruptor

Dengan diterbitnya Perwako tambah Ismail tentunya  bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. "Untuk mewujudkannya koordinasi harus tetap terjalin antara Dinas Pariwisata, Kelurahan dengan masyarakat," ungkapnya.

Anggota Komisi I DPRD Dumai Edison SH juga menyambut baik keinginan Pemko Dumai itu. "Kita supurt kegiatan ini karena ini awal kebangkitan pariwisata di Dumai. Jadi dengan ini kita mulai memuaskan untuk masyarakat dumai terlebih dahulu. Tapi kalau jalan tol Dumai - Pekanbaru siap tentunya akan banyak kunjungan dari luar Dumai," ujarnya. (rsy)

Penulis: Rino Syahril
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved