BI Riau Akan Gelar FESyar 2018 untuk Berikan Wawasan dan Edukasi Ekonomi Syariah

BI Perwakilan Riau kembali menyelanggaran Festival Ekomoni Syariah (FESyar) Riau 2018, dalam rangka road to FESyar 2018 Regional Sumatera

BI Riau Akan Gelar FESyar 2018 untuk Berikan Wawasan dan Edukasi Ekonomi Syariah
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Riau kembali menyelanggaran Festival Ekomoni Syariah (FESyar) Riau 2018, dalam rangka road to FESyar 2018 Regional Sumatera.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan BI Riau ini, rencananya akan diselenggaran pada 18 dan 19 Juli 2018 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Baca: Bupati Imbau OPD Maksimalkan DAK, Sebab Akan Diberlakukan Reward dan Punishment

Kepala Kantor BI Perwakilan Riau, Siti Astiyah, Senin (16/7/2018) menjelaskan, tujuan diselenggarakannya FESyar Riau 2018, sebagai upaya memberikan wawasan dan edukasi terhadap masyarakat tentang perkembangan gerakan ekonomi syariah yang dilakukan di Riau.

Baca: Dinas PUPR Kampar Anggarkan Renovasi Eks Kantor Bupati untuk Ditempati Disdukcapil

Sejalan dengan tujuan tersebut, diharapkan FESyar Riau 2018 dapat membangun generasi penerus dan penggerak ekonomi syariah di kalangan generasi muda, dan membentuk icon atau role model muda penggerak ekonomi Syariah.

"Dalam kegiatan ini kita melibatkan banyak generasi muda di dalamnya. Salah satunya melalui Pemilihan Duta Ekonomi Syariah Riau, sebagai icon atau role model muda penggerak ekonomi syariah. Duta ini kita harapkan mampu memberikan wawasan dan awareness kepada masyarakat tentang perkembangan gerakan ekonomi syariah serta membangun generasi penerus dan penggerak ekonomi syariah dikalangan generasi muda," jelas Siti.

Baca: Dinas PUPR Kampar Anggarkan Renovasi Eks Kantor Bupati untuk Ditempati Disdukcapil

Tidak hanya itu, Siti menyebut, FESyar Riau 2018 juga akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan manarik lainnya yang patut disaksikan seluruh masyarakat.

Di antaranya Pemilihan Pengusaha Muda Syariah Riau yang bertujuan untuk Menjaring dan memilih wirausaha muda berbasis syariah yang memiliki produk unik dan inspiratif, serta mampu memberikan manfaat kepada lingkungan di sekitar tempat usahanya, serta memberikan inspirasi bagi generasi muda muslim untuk berwirausaha sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam.

Baca: VIDEO: Demo Tenaga RTK Berujung Bentrok di Depan Kantor Bupati Kampar

"Nanti akan ada juga Lomba Kaligrafi untuk Memberikan kesempatan bagi para seniman kaligrafi untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki serta sebagai sarana dakwah melalui seni kaligrafi, dan mensyiarkan agama Islam yang penuh keindahan, yang bila dijalankan juga menjadi peluang bisnis tersendiri," papar Siti.

BI Riau nantinya juga akan membuka sejumlah kelas untuk Memberikan penjelasan mengenai industri halal atau bisnis syariah melalui Coaching Clinic "UMKM Syariah go Digital". Di sini, akan dibahas seputar peluang dan tantangan dalam pengembangan industri halal di Sumatera, menyampaikan paparan mengenai success story pengembangan usaha Syariah, serta pentingnya pemanfaatan teknologi digital marketing dan online sistem kepada pelaku UMKM di Riau.

Baca: Ayat Cahyadi Tertarik SMK Juara Milik Rumah Zakat, Ingin Bangun Juga di Pekanbaru

"Dari itu kami Bank Indonesia Provinsi Riau mengajak generasi muda untuk ikut bergabung dalam kegiatan ini," katanya.

"Bagi pemenang lomba Duta ekonomi Syariah dan pengusaha muda syariah, akan dikirim mengikuti kompetisi sejenis pada Festival Ekonomi Syariah Regional Sumatera 2018 di Lampung," tambahnya.

Bagi generasi muda yang tertarik untuk ikut menjadi bagian dalam FESyar Riau 2018z khususnya untuk pemilihan duta dan pengusaha muda syariah, dapat mengakses langsung http://bit.ly/dutaekonomisyariah dan http://bit.ly/WirausahaMudaSyariahRiau2018. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved