Gempa Sumbar

Kota Padang Kembali Diguncang Gempa Kekuatan 5,5 SR

Gempa kembali menguncang Kota Padang Sumatera Barat Sabtu (21/7/2018) sore pukul 14.58 WIB dengan kekuatan 5,5 SR.

Kota Padang Kembali Diguncang Gempa Kekuatan 5,5 SR
Twitter BMKG
Gempa kekuatan 5,5 SR guncang kota Padang Sabtu (21/7/2018) pukul 14.58 WIB 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gempa kembali menguncang Kota Padang Sumatera Barat Sabtu (21/7/2018) sore pukul 14.58 WIB dengan kekuatan 5,5 SR.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, pusat gempa berada di 9 KM Kota Padang dengan kedalaman 10 Kilometer.

Gempa ini disebutkan tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, gempa juga mengguncang Kota Padang sebanyak dua kali pada Sabtu dini hari.

Baca: Kota Padang Diguncang Gempa 5,4 SR dan 5,3 SR. Pusatnya di Mentawai

Baca: Gempa Bukittinggi Pagi Ini, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

Baca: Gempa Bukittinggi Pagi Ini Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Marapi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa itu berlokasi di Mentawai, tepatnya 1,78 Lintang Selatan (LS), 99,72 Bujur Timur (BT) di kedalaman 10 kilometer, dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa kedua berkekuatan 5,3 SR berlokasi di 1.77 LS, 99.75 BT atau 34 kilometer Timur Laut Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), di kedalaman 29 kilometer.

Melalui rilisnya Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST, Dipl.Seis, M.Sc, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,2.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,73 LS dan 99,81 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 km arah timur laut Kota Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat pada kedalaman 23 km.

Gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan antara lain di daerah Padang pada skala II SIG-BMKG atau III MMI dan Pariaman pada skala I SIG-BMKG atau II - III MMI.

Hal ini sesuai dengan hasil laporan masyarakat bahwa gempabumi ini dirasakan di Padang, Pariaman, dan kepulauan Mentawai II SIG-BMKG (II-III MMI). Padang Panjang, Bukit Tinggi, Painan I SIG-BMKG (I-II MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 05.00 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 6 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock), dengan kekuatan kekuatan yang paling besar M=4,7.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*) 

Penulis: Sesri
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved