Disbud Riau Gelar Lomba Desain Pakaian Melayu, Terbuka untuk Umum, Begini Cara Mendaftarnya

Dinas Kebudayaan Provinsi Riau taja Lomba Desain Rekayasa/Modifikasi Pakaian Melayu terbuka bagi masyarakat umum di Riau.

Tribun Pekanbaru/Nasuha nasution
Kepala Dinas Kebudayaan saat pasangkan Tanjak ke Kapolri dan Panglima TNI 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com,  Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Untuk Pelestarian budaya dan sejalan dengan Visi dan Misi Riau 2020 sebagai Pusat Perekonomian dan Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara. Dinas Kebudayaan Provinsi Riau taja Lomba Desain Rekayasa/Modifikasi Pakaian Melayu terbuka bagi masyarakat umum di Riau.

Baca: Semarakkan iB Vaganza OJK, BNI Syariah Tawarkan Cara Beramal Baru

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen mengatakan, kegiatan Lomba Desain Rekayasa dan modifikasi Pakaian Harian Melayu yang terbuka untuk umum ini, untuk menyeragamkan pakaian Melayu yang dipakai dikalangan ASN dan masyarakat.

"Sejauh ini kita melihat banyak ASN dan masyarakat yang memakai pakaian Melayu yang tidak sesuai dengan syariat Islam, seperti memakai busana Melayu dengan ketat yang dipakai kaum perempuan. Seharusnya yang dipakai kaum perempuan adalah Kebaya Labuh. Makanya, inilah yang harus kita seragamkam tentang pakaian Melayu sekarang ini,"ujar Yoserizal Zen kepada Tribun Senin (23/7/2018).

Baca: Begini Komentar KDI soal Viralnya Video Peserta Audisi yang Dikomentari Iis Dahlia

Nanti menurut Yoserizal akan diusulkan ke Gubernur Riau untuk di Pergubkan tentang pemakaian pakaian Melayu yang seragam bagi ASN serta masyarakat di Provinsi Riau ini.

Baca: Polres Dumai Masih Buru Dua Anggota Komplotan Rampok Modus Gembosi Ban

"Kita ingin ada aturan terkait penggunaan busana melayu dan tentunya tidak sembarangan. Semuanya juga berdasarkan nilai adat dan budaya, "jelasnya.

Sementara itu, persyaratan lomba sudah ditetapkan panitia dan dewan juri. Persyaratannya Lomba Desain/Modifikasi Pakaian Melayu Harian yakni, Peserta melakukan pendaftaran melalui email : rbdisbud@gmail.com atau ridhofatwandi@gmail.com.

Baca: ICC 2018 Juventus vs Real Madrid: Ronaldo Tak Sudi Berjumpa Sang Mantan Gegara Hal Ini

Usia peserta tidak dibatasi, baik laki-laki maupun perempuan. Peserta dapat mengirimkan maksimal 3 pasang sketsa Pakaian Melayu Harian. Karya asli, desain sendiri, belum pernah dilombakan dan dapat direalisasikan.

Semua karya dikirim beserta formulir pendaftaran dan fotocopy atau siang KTP/SIM/Kartu Pelajar, CV dan file soft copy melalui email. Desain dalam bentuk soft copy, dapat berupa gambar desain komputer atau gambar tangan yang discan pada kertas A4.

Desain berwarna dengan format.jpeg. Resolusi file tidak lebih dari 150 pixel/cm. Adapun penyerahan sketsa dilakukan pada tanggal 23 Juli sd 4 Agustus 2018. Seleksi sketsa desain yang masuk akan dipilih 10 finalis untuk diwujudkan menjadi busana dan akan menyerahkan busana tersebut dalam bentuk fisik pada tanggal 6 sd 9 Agustus 2018.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved