Bengkalis

Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Bengkalis ke 506, Disparbudpora Bengkalis Gelar Lomba Permainan Rakyat

Melestarikan permainan rakyat, Pemkab bengkalis menggelar sejumlah perlombaan permainan rakyat dalam rangka memeriahkan hari jadi Bengkalis ke 506

Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Bengkalis ke 506, Disparbudpora Bengkalis Gelar Lomba Permainan Rakyat
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Peserta lomba Permainan Rakyat saat bersiap siap pembukaan perlombaan di lapangan pasir kota Bengkalis, Minggu, (29/7/2018) 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Guna melestarikan permainan Rakyat ke generasi muda, pemerintah Bengkalis mengelar sejumlah perlombaan permainan Rakyat dalam rangka memeriahkan hari jadi Bengkalis ke 506.

Perlombaan permainan rakyat ini di fasilitasi langsung Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bengkalis, Minggu (29/7/2018) pagi.

Baca: Ditekuk PSPS 4-2, Pelatih Persiraja Bakal Rombak Tim, Bakal Ada yang Dicoret

Permainan rakyat yang memperlombakan diantaranya layang-layang, engrang dan gasing. Kegitan ini dilaksanakan di lapangan pasir Kota Bengkalis. Dengan peserta meliputi pelajar serta masyarakat umum di kota Bengkalis.

Tak hanya ratusan peserta, masyarakat juga tampak antusias menyaksikan berbagai permainan rakyat meski cuaca mendung. Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Disparbudpora Bengkalis Anharizal pukul 09.45 WIB dan akan berlangsung hingga sore hari.

Dalam sambutannya Anharizal berharap, kegiatan ini menjadi media dalam membangun animo masyarakat, khususnya generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai nilai yang tersirat dan tersurat dari berbagai permainan rakyat. "Permainan rakyat ini sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas," ungkap Anharizal.

Baca: Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad Soal Jadi Cawapres atas Rekomendasi Forum Ijtima GNPF Ulama

Menurut dia sekarang ini berbagai permainan pabrikan dari luar negeri semakin menjamur. Untuk itu pelu melestarikan permainan tradisional yang merupakan ciri khas bangsa ini.

Pihak Disparbudpora Bengkalis juga telah menyiapkan hadiah untuk pemenang lomba permainan rakyat ini. Diantaranya untuk pemenang lomba layang layang akan diberikan hadiah juara I piala dan uang tunai 3 Juta rupiah, Juara II piala dan uang tunai 2 juta rupiab, sedangkanjuara III piala dan uang tunai 1 juta rupiah.

Baca: Dewan Dakwah Mandau Bakal Adakan Talkshow Bersama Natta Reza dan Wardah Maulina

Sedangkan pemenang lomba gasing untuk juara I akan diberikan piala dan uang tunai Rp 500.000, juara II piala dan uang tunai Rp 400.000, kemudian juara III piala dan uang tunai Rp. 300.000.

Sementara juara lomba engrang akan di berikan piala dan uang tunai 1 juta untuk juara I kemudian juara II piala dan uang tunai Rp 800.000, juara III piala dan uang tunai Rp 600.000 serta harapan I mendapat piala dan uang tunai Rp 400.000.(sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved