Pekanbaru

Ada Lubang Ini di Trotoar Jalan Ahmad Yani, Sudah Ada yang Jadi Korban

Ada lobang di trotoar di Jalan A Yani. Lobang tersebut merupakan penutup drainase yang hilang dicuri orang tak dikenal

ist
Penutup lobang trototar di Jalan A Yani Pekanbaru hilang. warga khawatir kondisi tersebut 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Sejumlah warga pejalan kaki yang melintasi Jalan A Yani Pekanbaru, termasuk pelajar SD dan SMP Santa Maria,  khawatir dengan kondisi lubang menganga akibat besinya dicuri maling di trotoar Jalan Ahmad Yani, Senin (30/7/2018).

Baca: Di SMK Negeri 2 Kecamatan Tanah Putih, Rohil Ini Ruangan Kepsek Berada di Bawah Tangga

Sebab, beberapa warga sudah banyak masuk lubang parit, yang dalamnya hampir satu meter tersebut. Bahkan ada juga siswa Santa Maria yang nyaris nyemplung ke dalam lubang. "Anak sya beberapa kali hampir masuk," kata orangtua siswa Santa Maria, Ana saat bertemu Tribunpekanbaru.com, di sela menjemput anaknya pulang sekolah.

Pengakuan warga sekitar, kondisi lubang menganga tersebut sudah berlangsung lebih dari 4 bulan. Seperti yang disampaikan Pengurus Gereja Santa Maria Pekanbaru Harry Rau. Dijelaskannya, jumlah lubang yang besinya dicuri maling, sekitar puluhan.

Baca: Demokrat-Gerindra Resmi Koalisi, Prabowo: SBY Hanya Tekankan Utamakan Kepentingan Rakyat

Khusus di trotoar depan Rumah Sakit Santa Maria dan Gereja Santa Maria, sekitar 15 lubang. Sebagian lubang tersebut kini ditutup warga menggunakan papan seadanya. "Kebetulan saat pagi kan, di trotoar ini digunakan pedagang sayur untuk jualan. Untuk keamanan mereka, ditutup pakai papan. Tapi siangnya, papan hilang. Tentunya membahayakan warga pejalan kaki," papar Harry.

Baca: Telkomsel Luncurkan Program Telkomsel Innovation Center

Dia tidak mengetahui pasti, kapan besi penutup lubang dicuri. Namun kondisi ini sudah lama dikeluhkan warga. "Kami di sini sudah beberapa kali melaporkan kasus ini ke Camat Sukajadi. Laporan kami diterima, tapi mungkin wewenangnya tidak ada. Makanya kami harapkan Pemko bertindak," pintanya.

Seperti diketahui, lubang tersebut merupakan bak kontrol untuk parit Jalan A Yani, sebagai aliran air ke Jalan Cempaka. Namun karena bak kontrol tersebut berlubang, banyak sampah yang masuk. Jika hujan, kondisi ini juga membuat aliran air tersumbat, sehingga air meluber ke jalan.

Baca: Tanggapi Polemik Uang Transportasi RTK, Mantan Kadiskes Kampar: Jaman Saya Kenapa Bisa. . .

Di saat bersamaan, Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM juga turun ke lokasi, melijat langsung lubang trotoar. Politisi PAN ini mengaku sangat menyayang kondisi tersebut. Seharusnya OPD terakit harus respon cepat, sebelum korban banyak berjatuhan.

Baca: Banyak Warga Tempatan Tak Bisa Sekolah, DPRD Jadwalkan Turun ke Sekolah

Apalagi jalur tersebut banyak dilintasi warga, termasuk anak sekolah. "Dinas terkait bisa menggunakan dana OP (operasional) untuk memasang besi penutup bak kontrol. Jadi, tidak perlu menunggu anggaran di APBD-P 2018 atau APBD 2019. Kita minta dipercepat memperbaikinya," pintanya. (Saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved