Masa Replanting, Asian Agri Fasilitasi Pengembangan Pendapatan Alternatif bagi Petani Binaan

Petani Swadaya yang gabung dalam Koperasi Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS), satu petani sawit binaan Asian Agri kini memasuki masa replanting

Masa Replanting, Asian Agri Fasilitasi Pengembangan Pendapatan Alternatif bagi Petani Binaan
ist
Petani Sawit AJMS mitra Asian Agri melakukan studi banding ke Siak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK- Petani Swadaya yang gabung dalam Koperasi Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS), adalah salah satu petani sawit binaan Asian Agri yang kini memasuki masa replanting (peremajaan) kebun.

Ada sekitar 157 hektar dari 79 Kepala Keluarga yang siap melakukan penumbangan pohon kelapa sawit.

Baca: Member TFC Bisa Gratis Nyanyi 1 Jam di Diva Family Karaoke serta Nikmati Promo Lainnya

Selama masa replanting tersebut, petani swadaya dipastikan kehilangan mata pencaharian sembari menunggu kelapa sawitnya kembali berbuah.

Untuk itu sebagai kepedulian perusahaan perkebunan kelapa sawit kepada petani swadaya binaannya, Asian Agri memfasilitasi kegiatan pengembangan pendapatan alternatif. Kegiatan itu yang berlangsung pada 28-29 Juli 2018 tersebut menyasar pada pola kemitraan dan pengembangan pendapatan alternatif secara terpadu baik dari segi perikanan, pertanian (tanaman sayuran) dan peternakan.

Baca: Jamaah Haji Bengkalis Kloter 4 Mulai Bertolak Ke Mekkah, Alhamdulillah Jamaah dalam Kondisi Sehat

"Dalam masa replanting, tentu saja ada potensi petani akan kehilangan sumber pendapatannya, oleh karena itu kita melakukan berbagai kegiatan alternatif untuk mendapatkan income pengganti. Salah satunya adalah dengan melakukan Pelatihan Budidaya Lele Sistem Bioflok seperti yang kita lakukan pada hari ini. Harapan saya dengan berbagai pelatihan yang kita lakukan maka petani tidak perlu takut lagi untuk menghadapi replanting kebun sawitnya," kata Head Kemitraan Asian Agri, Pengarapen Gurusinga pada acara pelatihan Budidaya Lele Sistem Bioflok untuk petani Koperasi AJMS padad 28 Juli 2018.

Pengerapen Gurusinga Head Mitra Asian Agri membawa petani swadaya AJMS melihat langsung budi daya lele dengan sistem bioflok di Siak
Pengerapen Gurusinga Head Mitra Asian Agri membawa petani swadaya AJMS melihat langsung budi daya lele dengan sistem bioflok di Siak (ist)

Baca: Satgas Karhutla Pantau Enam Kecamatan yang Rawan di Dumai

"Peran Asian Agri sendiri dalam pelatihan tersebut sebagai pendamping petani hingga akhirnya ikan lele panen dan siap untuk dipasarkan. Jadi, income petani sawit selama masa replanting dapat tertutupi dengan budidaya lele tersebut," ujarnya.

Asian Agri yang memfasilitasi pelatihan budidaya perikanan tersebut menurunkan tenaga ahli dari Komunitas Bang Lele berasal dari Perum Pandau Permai, Jalan Alpukat 1 Nomor 9 Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, yang diharapkan dapat mengedukasi para petani-petani, Kepala Desa Perlabian, Kepala Desa Persiapan Lohsari dan Pengurus Koperasi AJMS.

Baca: Alat Pengolahan Kelapa Tidak Dimaksimalkan, Bupati Wardan Minta Camat Panggil Kelompok Tani

Trainer Komunitas Bang Lele, Barkah Tri Basuki mengatakan, pihaknya membina dan mendampingi petani dalam teknis budidaya lele. "Komunitas Bang Lela juga akan menampung hasil panen lele dari anggota serta memasarkan produksi lele tersebut," ujarnya.

Budidaya lele bernilai ekonomis. Jika diseriusi keuntungan petani minimal pendapatan bersih petani per kolam diameter 2 meter adalah 900 ribu per kolam dalam 2 bulan dengan modal Rp 3.780.000 per kolam dalam 2 bulan. "Atau keuntungannya adalah 12 % per bulan," bebernya.

Baca: Live Streaming Piala AFF U16 2018, Indonesia Ungguli Myanmar Sementara, Live Babak 2 Sekarang 

Kepala Desa Perlabian, Irhamsyah Lubis sangat mendukung program ini dan mensinergikan dengan program yang sudah berjalan selama ini di desa. "Seperti saat ini desa telah menyediakan bibit sayuran untuk warga dan diharapkan limbah cair lele bioflok ini dapat membantu pupuk tanaman sayuran," ulasnya.

Halaman
12
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved