Breaking News:

Padang

Terapkan Reformasi Birokrasi yang Lebih Baik, PNP Sosialisasikan Penyusunan Peta Proses Bisnis

Tujukkan komitmen reformasi birokrasi yang baik di lingkungan kampus, Politeknik Negeri Padang gelar sosialisasi penyusunan peta proses bisnis

Editor: Budi Rahmat
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Politeknik Negeri Padang (PNP) terus menunjukkan komitmennya untuk menerapkan reformasi birokrasi yang baik di lingkungan kampus tersebut.

Bahkan salah satu bentuk komitmen itu ditunjukkan dengan digelarnya Sosialisasi Penyusunan Peta Proses Bisnis di lingkungan Politeknik Negeri Padang.

Baca: Dispora Riau Akan Gelar Kejurda Voli Piala Gubri 2018, Direncanakan Mulai 11 Agustus 2018

Dalam sosialisasi yang digelar Senin (30/7/2018) siang di Kyriad Hotel Bumiminang itu, diikuti oleh 118 orang pegawai PNP dan 4 orang dari Politeknik Neeri Payakumbuh dengan pemateri, Biro Hukum Kementrian Riset, Tekonolgi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Baca: VIDEO: Ini BUMDes Kolam Patin di Pulau Gadang dan Persoalannya

Direktur PNP Surfa Yondri dalam sambutannya mengatakan, reformasi birokrasi di PNP sebenarnya sudah dijalankan dengan cukup baik. Namun diakuinya, PNP tidak puas begitu saja, karena tuntunan reformasi birokrasi di lingkungan PNP ke depan semakin tinggi.

"Reformasi birokrasi adalah tentang perubahan ke arah yang benar. Selama ini kebiasaan kita banyak membenarkan yang biasa, bukan membiasakan yang benar. Perubahan membiasakan yang benar tidak terlalu berat apabila diwujudkan pakai hati. Karena banyak yang menilai yang biasa itu belum tentu benar," katanya.

Baca: Polres Rohul Grebek Warung Remang-Remang Di KM 6 Desa Sukamaju

Pria yang akrab disapa Pak Boyon itu mengungkapkan bahwa reformasi birokrasi memberikan standar pelayanan dengan baik yang berpedoman pada tata aturan yang jelas. "Kemenristek Dikti memiliki aturan yang jelas dan terarah. Jadi inggal jalankan aturan dari Kemenristek Dikti," ujarnya.

Baca: Pertina Riau Agendakan Pengukuhan Pengurusnya Awal September 2018

Sementara itu, Sekretaris Biro Hukum dan Organisasi Kemenristek Dikti, M Ali Akbar menyebut bahwa reformasi birokrasi harus dijalankan oleh seluruh ASN di lingkungan perguruan tinggi, supaya perguruan tinggi bersih, akuntabel dan tercipta pelayanan publik yang berkualitas.

Baca: Pertina Riau Agendakan Pengukuhan Pengurusnya Awal September 2018

Ali Akbar merinci, ada delapan area perubahan reformasi birokrasi yang perlu diperhatikan guna mewujudkan hal tersebut. Kedelapannya, yakni area organisasi, tata laksanaka, mental aparatur, pelayanan publik, akuntabilitas, pengawasan, SDM Aparatur, dan peraturan perundang undangan.

"Namun di samping itu, kunci sukses penerapan reformasi birokrasi yang baik dan berkualitas itu terletak pada kecakapan pimpinan PTN, serta keterlibatan secara aktif anggota tim pelaksana, dan pelaksanaannya mengikuti semua ketentuan," katanya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved