Duah Gajah PLG Meriahkan Puncak Hari Konservasi Alam Nasional di Kawasan HBKB Pekanbaru

Dua ekor Gajah Sumatera dari PLG Minas ikut menyemarakkan puncak HKAN di kawasan HBKB Jalan Sudirman, Pekanbaru

Duah Gajah PLG Meriahkan Puncak Hari Konservasi Alam Nasional di Kawasan HBKB Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Warga berfoto dengan latar dua ekor Gajah Sumatera saat HBKB di Jalan Sudirmam Pekanbaru, Minggu (5/8/2018). TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

Laporan Fotografer Tribunpekanbaru.com, Theo Rizky 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dua ekor Gajah Sumatera dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas ikut menyemarakkan puncak Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Jalan Sudirman, Pekanbaru, Minggu (5/8/2018) tepatnya di samping Kantor Bank Indonesia. 

Disampaikan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BB KSDA) Riau, Suharyono dilokasi acara, kegiatan yang terbuka bagi masyarakat dengan tema Selamatkan Gajah Sumatera tersebut merupakan bagian dari edukasi tentang penyelamatan gajah di Riau khususnya dan di Sumatera pada umumnya.

“kita memang sengaja membawa gajah binaan kita agar masyarakat tau bahwasanya dalam rangka menangani konflik gajah yang sering  muncul di Provinsi Riau ini, baik gajah masuk ke kampung atau gajah masuk ke pemukiman dan seterusnya, gajah-gajah jinak inilah yang melakukan pengusiran kemudian melakukan penggiringan kedalam habitatnya,” ujarnya.

Baca: Keunikan di Balik 8 Gol Bagus Kahfi, Cetak 2 Kali Setiap Laga di Grup A Piala AFF U-16 2018

Dijelaskan Suharyono, beberapa hari sebelumnya, pihak Balai Besar KSDA juga melakukan berbagai rangkaian acara, diantaranya visit to school, yaitu edukasi pendidikan konservasi, khususnya tentang Gajah Sumatera ke sekolah-sekolah di Pekanbaru.

“Hari Sabtu kemarin kita juga mengadakan lomba mewarnai dengan tema konservasi gajah juga untuk anak TK dan anak SD,” katanya.

Dari pantauan Tribunpekanbaru.com, kegiatan puncak HKAN itu disambut antusias para warga yang memadati HBKB, kebanyakan ingin berfoto dengan satwa gajah.

Acara yang didukung berbagai komunitas itu juga dimeriahkan dengan senam, pembagian bibit, panggung musik serta penandatanganan dukungan terhadap kelestarian gajah diatas kain panjang putih yang diikuti oleh para warga. (*)

Penulis: TheoRizky
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved