Breaking News:

Aliran Dana dari Global Fund Terputus, KPA Dumai Andalkan Anggaran Daerah

Rencana global fund menghentikan aliran dana untuk KPA, berpengaruh pada upaya Dumai antisipasi penyebaran penyakit HIV AIDS

Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAI - Upaya menanggulangi penyebaran HIV/AIDS di Kota Dumai bakal mengalami kendala. Ada rencana global fund menghentikan aliran dana ke Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Dumai untuk mencegah terjadinya penyebaran virus HIV/AIDS.

Baca: 400 Jamaah Haji Asal Rohul Sudah Berangkat ke Jeddah

"Ada rencana Global fund menghentikan aliran dana ke KPA. Informasi pemutusan dana global fund ini masih menunggu proses finalisasi tahun 2018," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Paisal kepada Tribun, Senin (6/8/2018).

Baca: Ikahimatika Riau Galang Bantuan Untuk Korban Bencana Gempa Lombok

Menurutnya, pihak dinas sudah melakukan komunikasi dengan Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo terkait rencana pemutusan dana global fund.

Pemerintah pun sedang berupaya agar pendanaan itu tidak terhenti. Kondisi ini bisa saja membuat upaya penanggulangan HIV/AIDS kurang optimal.

Baca: Alasan Kesehatan, Satu Jamaah Haji Meranti Ditunda Keberangkatannya

Paisal mengakui masih ada kasus HIV/AIDS di Kota Dumai. Kawasan kota yang berada di lokasi pelabuhan memang rawan penyebaran HIV/AIDS. Pihak dinas bersama KPA Dumai berupaya melakukan pengawasan di titik rawan walau dengan dana yang minim.

Baca: Pemda Fokus Bangunan Kota Pangkalan Kerinci, DPRD: Tak Ada Kata Terlambatlah

Ia mengklaim aktifitas KPA Kota Dumai masih berjalan. Saat ini hanya ada dukungan anggaran dari APBD Dumai. Total anggaran untuk KPA hanya Rp 75 juta. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved