VIDEO: Respon Gubri Adanya Temuan BPK Belum Ditindaklanjuti OPD

Adanya ketidakpatuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menindaklanjuti temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Adanya ketidakpatuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menindaklanjuti temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi permasalahan di Pemprov Riau. Bahkan ujung persoalan tersebut berakhir di proses hukum.

Karena hingga saat ini masih ada beberapa temuan BPK tahun 2016 yang belum ditindaklanjuti OPD di Pemprov Riau, permasalahan ini bahkan sudah hampir setahun namun tak kunjung ada penyelesaian dan iktikad baik dari OPD dan pihak kontraktor sebagai pelaksana kegiatan.

Seperti misalnya di Dinas Kominfo Provinsi Riau temuan sebesar Rp3,1 Miliar belum juga dikembalikan sedangkan kontraktor pelaksana sudah melarikan diri.

Baca: Akhiri Spekulasi, Firman Bertahan di PSPS

Baca: Horeee! Hotspot Kembali Nihil, Cuaca di Wilayah Riau Berawan Hingga Cerah Berawan

Selanjutnya kasus tersebut saat ini sedang berproses di Kejaksaan Tinggi Riau, sedangkan Penanggung jawab tetap Organisasi Perangkat Daerah.

Beberapa waktu sebelumnya Tribun sempat menanyakan persoalan ini kepada Kepala Dinas Kominfo Yogi Getri, Ia mengatakan Dinas Kominfo sendiri sudah menyurati beberapa kali pihak rekanan, dan sekali sudah membalas surat Kominfo. Jawaban dari pihak rekanan sendiri tidak menerima hasil audit LHP BPK tersebut.

"Kami sudah menyurati pihak rekanan dan mereka juga ada balas, balasannya diteruskan ke pihak Inspektorat. Karena yang menyelesaikan adalah pihak Inspektorat, "ujar Yogi Getri.

Kata Yogi dalam hal ini, Diskominfotik tidak terlibat dalam hasil temuan BPK tersebut. Karena yang menjadi rekomendasi BPK adalah pihak rekanan dan penyedia jasa.

"Kalau kami tidak ada masalah, kan hanya pihak rekanan dan penyedia jasa saja, namun ini juga akan terus kami lakukan upaya agar ditindaklanjuti,"ujar Yogi saat itu.

Baca: Dendi Sembiring Kembali ke PSPS

Baca: Bikin Haru, Baru Menikah Sehari, Sang Istri Dipanggil Tuhan Karena Kanker, Begini Fotonya

Selain Diskominfotik, OPD lainnya yang masih memiliki persoalan dengan tindak lanjut BPK adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dimana pembangunan drainase yang saat itu Kadis PUPR nya Dwi Agus Soemarno.

Kemudian ada juga proyek pembangunan ruang rekam medis di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad (RSUD AA).

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved