Idul Adha 2018

Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada 22 Agustus 2018

Pemerintah menetapkan 1 Zulhijjah 1439 H jatuh pada tanggal 13 Agustus 2018, dengan demikian hari Idul Adha jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018

Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada 22 Agustus 2018
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah menetapkan 1 Zulhijjah 1439 H jatuh pada tanggal 13 Agustus 2018, dengan demikian 10 Zulhijjah atau hari Idul Adha jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018. 

Penetapan tersebut disampaikan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama usai sidang Itsbat penetapan awal Zulhijjah di Jakarta, Sabtu (11/08).

Sidang Itsbat yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan ormas Islam, MUI dan sejumlah perwakilan negara sahabat menyatakan, sesuai laporan, posisi hilal di seluruh Indonesia masih berada di bawah ufuk.

Baca: Live Streaming Persija vs PSMS Liga 1 2018 Pukul 15.30, Bisa Tonton Streaming Indosiar di Vidio.com

Baca: YouTube Media Sosial No 1 di Indonesia. Inilah 19 Ponsel Terbaik Untuk Nonton YouTube

Sementara itu Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Pengamatan Rukyatul Hilal Awal Zulhijah 1439 H / 2018 M yang dilaksanakan di Anjungan Lantai 9 Gedung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Sabtu 11 Agustus 2018.

Acara tersebut dihadiri Pj Gubernur Sumatera Utara diwakili Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut H. Zonny Waldy, Plt Kakanwil Kemenag Sumut Drs.H.T.. Darmansah, MA, perwakilan dari BMKG, MUI Sumut dan pimpinan Ormas Islam.

Zonny Waldy yang membacakan sambutan Pj Gubsu mengatakan, esensi pelaksanaan rukyat merupakan pertanda untuk mengawali bulan Dzulhijjah yang berkaitan dengan jemaah haji wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah dan hari raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah. 

Karena ibadah dalam Islam terkait langsung dengan posisi benda langit (khususnya matahari dan bulan) maka sejak awal peradaban Islam menaruh perhatian besar terhadap astronomi.

Atas nama pemerintah, Zonny Waldy kemudian mengucapkan Selamat menyambut Hari Raya Idul Adha kepada seluruh masyarakat. ”Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Baca: Pemerkosa Bidan Desa Sempat Ambil Ponsel Korban, Ditembak Saat Ditangkap, Ini Hukuman bagi Pelaku

Baca: Jelang Idul Adha 2018, Sapi Limosin Ini Bakal Ditawarkan ke Presiden Jokowi buat Hewan Kurban

Sementara itu Plt Kakanwil Kemenag Sumut menjelaskan, matahari terbenam menurut hisab Hilal masih dibawah ufuk maka hilal pada sore ini tidak dapat dirukyat. Oleh karena itu tanggal 1 Dzulhijjah 1439 H diperkirakan jatuh pada Senin (13/08).

"Hasil Rukyatul Hilal ini akan langsung kita sampaikan kepada kementerian agama RI di Jakarta sebagai bahan pertimbangan penetapan 1 Dzulhijjah 1439 H," ungkapnya. (cr15/tribun-medan.com)

Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved