Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Ajukan 300 CPNS Tahun Ini, Ada untuk Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

Pemko Pekanbaru ajukan sebanyak 300 CPNS ke Pusat. DPRD berharap angka tersebut tidak dikurangi pemerintah pusat

Pemko Pekanbaru Ajukan 300 CPNS Tahun Ini, Ada untuk Tenaga Pendidikan dan Kesehatan
kolase Tribun Lampung
Penerimaan CPNS 2018 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com,  Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kota Pekanbaru, sudah pastikan hanya bisa mengajukan 300 orang, pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 ini.

Jumlah ini diajukan, untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan teknis lainnya.

Baca: 38 Orang Bacaleg Dicoret KPU Inhil, Parpol Baru Terbanyak

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Zulfan Hafiz ST meminta, meski jumlah 300 orang tersebut tidak sesuai harapan, namun pihaknya meminta Pemko Pekanbaru untuk terus mengawalnya.

"Yang paling kita tekankan di sini, Pemko harus pastikan jumlah ini, tidak dikurangi pemerintah pusat. Makanya harus terus dikawal hingga pembukaan CPNS dimulai," pinta Zulfan kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (12/8/2018).

Baca: Ada 38 Bacaleg Dicoret KPU Inhil, Umumnya dari Parpol Baru

Seperti diketahui, pemerintah pusat sudah berjanji membuka penerimaan CPNS pada Agustus 2018 ini. Hanya saja, belum diketahui tanggal pastinya. Makanya, Pemko Pekanbaru masih menunggu informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Baca: Harga Kelapa Anjlok, Pemkab Meranti Imbau Petani Kreatif Mengolah Sabut Hingga Bernilai Ekonomis

Lebih lanjut NasDem ini berharap, agar Pemko juga memastikan persentase tenaga yang diajukan tersebut, sesuai dengan kondisi ril kuota 300 orang. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih nantinya. Apalagi menurut informasi, porsi untuk tenaga pendidikan yang lebih besar persentasenya dari lainnya.

"Memang dari kondisi yang ada, jumlah 300 tersebut tidak bisa menutupi kekurangan di Pemko. Tapi karena kuotanya hanya segitu diberi pemerintah pusat, maka itu yang harus diberdayakan. Yang pasti, kita dari Komisi III juga akan ikut mengawalnya," janjinya.

Baca: Bermain Imbang 1-1 dengan PSPS, Cetak 1 Gol, Striker Persis Solo Ini Bersyukur

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pekanbaru, Masriah, menerangkan, awalnya Pemko mengusulkan penerimaan 1.909 CPNS. Namun, Pemprov Riau meminta Pemko untuk mengkaji ulang, dari hal tersebut sinyal dari pemerintah pusat.

Baca: Tiga Atlet Senam Riau Jalani TC Rusia Sudah Kembali ke Indonesia

"Jumlah itu, cukup riskan. Mengingat, angkat pensiun sejak tahun 2015, 2016 dan 2017 tidak dihitung BKN Pusat. Mereka hanya hitung tahun 2018," terangnya.

Sekadar gambaran, angka ASN yang pensiun di tahun 2018 ini hanya 237. Meski demikian, pihaknya tetap mengusulkan jumlah 300 CPNS. Persentase jumlah 300 ini terdiri dari 60 persen tenaga pendidikan, 30 persen kesehatan dan 10 persen tenaga infrastruktur pembangunan. (Saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved