Berita Riau

VIDEO: Riau Butuh 29 ribu Sapi Kurban Tahun Ini

Tahun lalu sendiri menurut Patrianov kurang dari 2000 an dari estimasi hal ini disebabkan berkurangnya permintaan kurban

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Tahun 2018 ini diestimasikan kebutuhan kurban di Riau mencapai 29 ribu ekor sebagaimana estimasi tahun 2017 lalu.

Meskipun tahun lalu estimasi itu tidak tercapai hanya 27 ribuan.

"Tahun ini kebutuhan kurban yang diestimasikan sebanyak 29 ribu lebih, meskipun perkiraan kita tidak mencapai angka itu, "ujar Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Provinsi Riau Asykardia Patrianov kepada Tribunpekanbaru.com Selasa (14/8).

Tahun lalu sendiri menurut Patrianov kurang dari 2000 an dari estimasi hal ini disebabkan berkurangnya permintaan kurban tahun lalu.

"Kalau tahun ini kami prediksi juga begitu, cuma kami tidak bisa komentar lebih jauh penyebabnya apa. Penurunan permintaan, "ujar Asykardia Patrianov.

Baca: Mahfud MD Ungkap Kisah Detik-detik Batal Jadi Cawapres Jokowi 

Baca: Link Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina Grup A Asian Game 2018

Untuk hewan kurban di Riau sendiri didatangkan dari Lampung, Sumbar, Bekasi dan Banyuwangi serta Nusa Tenggara Barat. Namun yang lebih dominan itu berasal dari Lampung.

" Karena gerbang masuk karantinanya juga dari Lampung, kita tidak tahu apakah sapi Lampung itu juga berasal dari Bekasi, Banyuwangi atau NTB, yang jelas pintu masuknya Lampung, "ujar Patrianov.

Sedangkan untuk sapi lokal sendiri hanya bisa memenuhi 15 persen kebutuhan hewan kurban di Riau, sehingga lebih dominan dari luar.

Sedangkan jenis sapi yang banyak permintaan sendiri lanjut Asykardia merupakan sapi jenis sapi Bali, karena masyarakat melihat lebih banyak dagingnya.

"Masyarakat kan menilai dagingnya lebih banyak dibandingkan sapi lain, permintaan sapi bali jauh lebih besar bahkan mencapai 80 persen lebih, "ujarnya.

Baca: Wanita Ditemukan Tewas Usai Bercinta dengan Selingkuhan di Gubuk Warga, Padahal Niatnya. . .

Baca: Jamaah Haji Rohul Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok di Tanah Suci

Halaman
12
Tags
Sapi
Kurban
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved