Rohil

Datangi Pembakar Lahan, Begini Cerita Bupati Marah-marah dan Bawa Pelaku ke Polsek

Ia dengan tegas mengingatkan kepada masyarakat Rokan Hilir jangan coba - coba membakar untuk buka kebun baru

ist
Helikopter Super Puma milik Sinarmas melakukan upaya pemadaman secara water bombing lahan terbakar di Perbatasan Dumai-Rohil, Senin (9/4/2018). Foto/Ist 

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com : Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Emosi Bupati Rokan Hilir Suyatno sudah tidak terbendung lagi saat mengetahui ada kebakaran lahan di sekitar kantornya di Batu Enam Bagansiapiapi Rabu (15/8).

Suyatno langsung mendatangi warga tersebut dan memarahi yang berada di lokasi.

"Lokasinya 400 meter dari kantor Bupati, hari itu saya dari Pekanbaru dan sampai di Rohil jam 3 (pukul 15.00 Wib), sampai disana sempat melihat Paskibraka sedang latihan dan saya langsung minta istirahat sejenak karena saya langsung ke lokasi yang terbakar, "ujar Suyatno bercerita kepada Tribun.

Baca: Jumlah Hotspot di Rohil Capai 100 Titik - Karhutla Terjadi Tak Jauh dari Kantor Bupati

Baca: Kerahkan 4 Helikopter, Satgas Fokus Pemadaman di Bangko Rohil

Baca: Lima Titik Panas Masih Terpantau di Rohil

Kebetulan lanjut Suyatno saat tiba dilokasi ada beberapa warga yang tinggal di lokasi bahkan masih ramai. Saat itu juga emosi Suyatno pecah dan langsung membentak saksi mata yang melihat kebakaran juga terlibat.

"Ada ketua kelompok tani katanya anggotanya yang bakar, karena anggota kamu yang bakar kamu langsung saya angkat ke Polsek, "ujar Suyatno bercerita.

Yatno mengaku saat berada di lokasi warga yang membakar lahan, dirinya bahkan sudah bukan marah lagi namun di atas marah. Begitulah Ia menggambarkan emosinya pada pembakar lahan.

Baca: Begini Penampakan Dari Udara Kebakaran Lahan di Pasir Limau Kapas Rohil

Baca: Satgas Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Dumai dan Rohil

Baca: Hampir 2 Pekan Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api di Perbatasan Dumai-Rohil

" Saya bukan marah lagi diatas marah apa namanya, saya tarik langsung ke Polsek. Masih berani bakar, capek kita seperti itu, "ujar Suyatno.

Ia juga dengan tegas mengingatkan kepada masyarakat Rokan Hilir jangan coba - coba membakar untuk buka kebun baru, menurutnya tidak ada larangan membuka lahan baru untuk perkebunan hanya saja jangan sampai dengan cara membakar.

"Silahkan buka lahan tapi jangan dengan membakar. Capek orang apalagi ini mau Asian Games lagi, tolonglah saling membantu. Kami juga minta ke perusahaan juga membantu, "ujar Suyatno.

Saat ini lanjut Suyatno untuk penanganan di lapangan sudah dilakukan maksimal, semua sudah turun ke lapangan, baik itu masyarakat, TNI, Polri dan suara yang terlibat.

Baca: Satu Unit Helikopter Bantu Water Bombing Pemadaman di Lubuk Gaung

Baca: Kerahkan 4 Helikopter, Satgas Fokus Pemadaman di Bangko Rohil

Baca: Helikopter BPBD Riau Tak Diturunkan pada Hari ke 19 Pemadaman di Desa Penyaguhan

"Water bombing terus dilakukan tadi Danrem dan Lanal melihat juga kondisi di lapangan. Terparah itu terjadi Kecamatan Kubu dan Pekaitan termasuk Bangko, "jelas Suyatno.

Saat ditanya apakah semua kebakaran di Rohil karena ada unsur kesengsaraan menurut Suyatno belum ada indikasi kesana." Namun kita tidak menuduh, yang jelas selama ini selalu ada kaitannya dengan kesengsaraan, "ujarnya.

Suyatno juga sudah Intruksikan kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan solat meminta hujan untuk membantu Padamkan Api yang ada di Rokan Hilir.

" Saya sudah perintahkan MUI, Dewan Mesjid termasuk Kemenag untuk Rohil seluruh Mesjid setelah Jumat kita berdoa. Dan khutbah kedua ada doa khusus, "jelasnya.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved