Breaking News:

Bengkalis

Kalapas Kelas II A Bengkalis: Lapas Saat Ini Dihuni 1.491 Warga Binaan, Idealnya 393 Orang

Kalapas bengkalis akui bahwa saat ini kondisi lapas sudah jauh over kapasitas. Saat ini dihuni 1.491orang warga binaan yang seharusnya 393 orang

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Budi Rahmat
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Amril Mukminin saat berkunjung ke Lapas Bengkalis melihat hasil karya warga binaan Lapas Bengkalis, Jumat (17/8/2018) siang 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS- Selain memberikan remisi kepada warga binaan Lapas Kelas II A Bengkalis, bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam kesempatan kunjungannya juga mendengarkan pemaparan Kalapas Bengkalis terkait kondisi Lapas Bengkalis yang saat ini sudah melebihi Kapasitas sepantasanya.

Kelebihan hunian bahkan mencapai angka 379 persen dari hunian seharusnya.

Baca: Ketua DPRD Inhil: Banyak Capaian Keberhasilan di Inhil, Kelemahan Harus Diperbaiki

Hal ini diungkap Kalapas Bengkalis Agus Pritiatno di hadapan bupati Bengkalis, Jumat (17/8) siang. Menurut Agus Lapas Bengkalis saat ini dihuni oleh 1.491orang warga binaan.

"Dimana idealnya Lapas Bengkalis ini hanya dihuni sebanyak 393 orang warga binaan. Namun hari ini malah diisi sebanyak 1.491 orang kondisi ini sangat over load," ungkap Kalapas Bengkalis.

Baca: Hasil Hongkong Versus Palestina Berikan Efek untuk Timnas U-23 Indonesia di Grup A Asian Games 2018

Jumlah hunian sebanyak ini didominasi oleh narapidana dari tindak kejahatan narkoba. Dimana jumlah narapidana narkoba tersebut sebanyak 1.021 orang narapidana narkoba.

"Memang kebanyakan merupakan kasus narkoba, rata rata yang menjadi narapidana narkoba ini di dominasi dari kecamatan Mandau," tambahnya.

Baca: Empat Orang Langsung Bebas, Lapas Bengkalis Berikan Remisi kepada 407 Warga Binaannya,

Sementara itu Bupati Bengkalis usai pemberian remisi menanggapi serius terkait kelebihan kapasitas Lapas Bengkalis yang hampir empat ratus persen tersebut. Menurut Bupati pihaknya cukup prihatin melihat kondisi ini.

"Kita berkomitmen untuk membatu masalah Over Kapasitas ini, namun sepengetahuan kita untuk menambah ruang tahanan Lapas Bengkalis saat ini juga terkendala lahan," ungkap Amril.

Baca: HUT RI ke 73, Lima Warga Binaan Rutan Klas II B Dumai Dapat Remisi Bebas

Menurut dia, pihak Lapas sesegera mungkin untuk mendiskusikan ini dengan pemerintah Bengkalis. Terutama kepada Sekda Bengkalis yang merupakan ketua tim anggaran pemerintah daerah.

"Sesegera mungkin kita minta Kalapas berkoordinasi dengan Sekda yang merupakan Ketua TAPD Bengkalis, nanti kita diskusikan apa yang bisa di bantu oleh pemerintah daerah," tambahnya.

Baca: Kebakaran Lahan Hanguskan Gudang Perusahaan di Desa Karya Indah

Menurut dia, pemerintah Bengkalis akan membantu keperluan Lapas Bengkalis dalam mengatasi over kapasitas ini. Sejauh tidak bertentangan dengan aturan yang ada dan sesuaikan dengan kemampuan daerah.

"Kita prihatin dengan kondisi over kapasitas ini warga binaan ini juga warga negara Indonesia, kita akan bantu sesuai kemampuan kita," tandasnya.(sir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved