Berita Riau

VIDEO: Dandrem Perintahkan Tembak Ditempat Pelaku Karhutla

Komandan Korem 031/WB yang juga Komandan Satgas Karhutla Riau Brigjen TNI Sonny Aprianto sepertinya sudah habis kesabaran terhadap pelaku

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Komandan Korem 031/WB yang juga Komandan Satgas Karhutla Riau Brigjen TNI Sonny Aprianto sepertinya sudah habis kesabaran terhadap pelaku pembakar lahan di Riau. Sehingga dengan tegas Jenderal bintang satu ini Perintahkan tembak ditempat pelaku.

Bahkan Ia juga akan menurunkan pasukan dari Yonif 132 untuk dikirim ke Kodim titik terkuat membantu penindakan terhadap pelaku Pembakar lahan tersebut.

"Saya sudah kordinasi dengan Kapolda. Saya juga sudah perintahkan semua Dandim saya. Karena semakin hari semakin dekat Asia Games. 99 persen Karhutla karena ulah manusia dan disengaja. Saya Perintahkan Dandim,
Apabila tertangkap tangan melakukan pembakaran lahan saya Perintahkan Tembak ditempat, "tegas Danrem dengan suara meninggi saat ditemui di Makorem 032/WB Kamis (16/8).

Baca: Profil Tarrisa Maharani Dewi Pembawa Baki Sang Saka Merah Putih dari Jawa Barat

Baca: Meski Hujan Upacara di Halaman Kantor Gubernur Riau Tetap Dilaksanakan

Bahkan untuk mendukung Kodim di daerah Danrem akan menambah kekuatan dengan mengirimkan pasukan dari Yonif 132 memperkuat di titik - titik kuat Kodim."Saya akan kirim pasukan Yonif 132 ke titik kuat Kodim,"ujar Sonny.

Ini dilakukan lanjut Sonny karena berulangkali disosialissasikan ke masyarakat dan diingatkan terkait bahaya bakar lahan. Namun bukannya sadar malah makin menjadi.

Komandan Satgas Karhutla Riau Brigjen TNI Sonny Aprianto
Komandan Satgas Karhutla Riau Brigjen TNI Sonny Aprianto (Tribunpekanbaru)

"Ini perintah Presiden ini harga diri bangsa apabila terjadi asap saat Asian Games di Jakarta dan Palembang. Saya sebagai Komandan Satgas yang ditunjuk Gubernur perintahkan tembak ditempat, "ujarnya.

Ini juga ditegaskan Danrem merupakan kesepakatan yang sudah dilakukan bersama Kapolda Riau, karena tanggungjawab di daerah mengamankan dari Karhutla.

Baca: Sepatu Paskibra Lepas Hingga Bendera Melilit, Warnai Upacara HUT RI ke 73 di Meranti

" Kami dengan Kapolda sudah sepakat. Ini perintah Presiden RI jangan sampai terjadi kebakaran. Terutama pada saat Asian Games bukan berarti setelah itu boleh. Karena banyak tamu kita yang datang dan jangan sampai tetangga kita keberatan, "ujarnya.

Sementara dari patroli udara yang dilakukan Danrem Kamis siang menurutnya kebakaran di Riau terutama di Rokan Hilir semakin hari semakin menjadi khusus Rohil dan Dumai.

Untuk kondisi kebakaran sendiri saat dirinya terbang di langit Rokan Hilir kebakaran sepanjang 17 Kilometer terjadi di Teluk Nilap. Lokasi Kebakaran ini merupakan lahan kosong disampingnya sudah ditanam Kelapa Sawit.

"Tadi di Teluk Nilap panjang bentangan mencapai 17 kilometer kebakaran lurus. Lahan kosong namun sebelahnya kebun sawit makanya ini unsur kesengsaraan. Kami minta bantu media sosialisasi ke masyarakat, "jelas Sonny.

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved