Pileg 2019

Bacalon DPD RI Riau Masih Ada Kemungkinan Tidak Lolos Jika Tak Penuhi Syarat Ini

Sebanyak 19 Bakal Calon DPD RI asal Riau dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau

Bacalon DPD RI Riau Masih Ada Kemungkinan Tidak Lolos Jika Tak Penuhi Syarat Ini
Tribun Pekanbaru
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-  Sebanyak 19 Bakal Calon DPD RI asal Riau yang sebelumnya berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS) telah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, setelah dilakukan verifikasi faktual kedua, di Hotel Pangeran, Sabtu (18/8/2018).

Baca: Azzahra Permatahani Perenang Riau Besok Berlaga di Asian Games, Mau Pecahkan Rekor Ini

Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan, dari 28 Bacalon DPD yang tersisa, baru ada sekitar 9 Bacaleg yang memenuhi syarat, sedangkan 19 lainnya dinyatakan belum memenuhi syarat, sehingga harus melengkapi syarat dukungan pada verifikasi faktual tahap kedua sebelumnya.

Baca: KONI Riau Imbau Seluruh Masyarakat Doakan Atlet Riau yang Ikut Bertanding di Asian Games

"Semuanya memenuhi syarat, sehingga jumlahnya sekarang menjadi 28 Bacalon, sebelumnya sudah ada 9 yang memenuhi syarat, dan sekarang yang lainnya sudah melengkapi," kata Nurhamin kepada Tribun, usai kegiatan tersebut.

Baca: Bacalon DPD RI Asal Riau Ini Optimis Bisa Ditetapkan Jadi Calon dan Duduk di Parlemen

Untuk tahapan selanjutnya, dikatakan Nurhamin, setelah sudah tahap verifikasi faktual terhadap syarat dukungan Bacalon DPD RI, dan mulai besok akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual syarat calon.

Sementara itu, Komisioner KPU Riau lainnya, Ilham M Yasir mengatakan, pihaknya akan segera mulai melaksanakan verifikasi untuk pemeriksaan syarat calon, berupa syarat administrasi, misalnya ijazah, surat keterangan sehat, berkelakuan baik, dan berbagai syarat administrasi lainnya.

Baca: Kofi Annan, Keturunan Kepala Suku yang Jadi Sekjen PBB

"Jadi, kemungkinan tidak lolos dan tidak ditetapkan menjadi DCS masih ada, jika nanti ada syarat yang masih kurang," imbuhnya.

Ilham menambahkan, setelah ditetapkan menjadi DCS, selanjutnya diumumkan, dan minta tanggapan dari masyarakat.

Baca: Pacar Naysilla Mirdad Ternyata Teman Dekat Sandiaga Uno Cawapresnya Prabowo

"Kalau ada masukan masyarakat terkait Bacalon DPD tersebut, maka akan kita telusuri kebenarannya, jika terbukti seperti yang dilaporkan dan dinyatakan tidak biaa melanjutkan berdasarkan aturan, maka kita berhak untuk tidak menetapkan menjadi daftar Calon Tetap (DCT)," tuturnya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved