Padang

Sumbar Akan Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2020, Ini Kata Kemenag RI

Peluang Sumatera Barat (Sumbar) untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke XXVIII tahun 2020 mendatang bakal segera terwujud.

Sumbar Akan Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2020, Ini Kata Kemenag RI
ist
Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin didampingi Wagub Sumbar dan sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenang Sumbar melakukan rapat proses verifikasi fasilitas MTQ Nasional tahun 2020 di Kantor Gubernur Sumbar 

Laporan kontributor tribunpadang.com Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Peluang Sumatera Barat (Sumbar) untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke XXVIII tahun 2020 mendatang bakal segera terwujud. Pasalnya, pihak Kementerian Agama RI menyatakan bahwa Sumbar memiliki fasilitas yang baik untuk menjadi tuan rumah MTQ.

Baca: Bakal Calon Anggota DPD RI Ini Minta Nomor Urut Diundi, Ini Alasannya

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, saat melakukan verifikasi kesediaan fasilitas Sumbar untuk jadi tuan rumah MTQ Nasional, Sabtu (18/8/2018) siang.

Dalam proses verifikasi fasikitas untuk MTQ Nasional itu, turut hadir Wakil Gubernur Nasrul Abit dan Kanwil Kemenag Sumbar Hendri, serta sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag, serta Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an dan Kabiro Bintal Setdaprov Sumbar.

Baca: Perenang Riau Ini Senang Menatap Pertandingan Perdana Asian Games 2018

Muhamadiyah Amin menyampaikannya bahwa Sumbar bisa jadi tuan rumah MTQ Nasional, karena mendapat dukungan masyarakat, perguruan tinggi, hotel-hotel, dan elemen lain, termasuk dukungan pendanaan dari DPRD bersama Pemprov Sumbar.

"Di samping itu, masyarakat Sumbar juga merupakan maayarakat yang memiliki budaya islami. Bahkan dengan menjadi tuan rumah MTQ Nasional, maka akan dapat meningkatkan siar Islam dan keimanan masyarakat Sumbar," ujarnya.

Baca: Jelang Pertandingan Asian Games, Begini yang Dirasakan Florensia Cristy Atlet Takraw Riau

Disebutkannya, saat ini ada tiga provinsi yang telah mengajukan usulan untuk menjadi tuan rumah MTQ tahun 2020, yakni Kalimatan Selatan, Kalimatan Tengah dan Sumbar. Namun, meski Sumbar memiliki fasilitas yang lengkap, dirinya belum bisa memasikan apakah Sumbar yang akan jadi tuan rumah MTQ.

"Belum bisa saya pastikan provinsi mana yang akan jadi tuang rumah MTQ Nasional 2020. Mari kita tunggu pengumuman dari Menteri Agama pada penutupan MTQ Nasional ke XXVII di Medan Provinsi Sumut, pada Oktober mendatang," bebernya.

Baca: Jelang Pertandingan Asian Games, Begini yang Dirasakan Florensia Cristy Atlet Takraw Riau

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menuturkan bahwa menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 merupakan harapan dan mimpi masyarakat Sumbar setelah 35 tahun lamanya Sumbar tidak menjadi tuan rumah MTQ Nasional.

"Terakhir Sumbar jadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 1983, yaitu MTQ Nasional ke XIII. Mudah-mudahan, tahun 2020 mendatang, keinginan Sumbar untuk menjadi tuan rumah terwujud. Untuk itu, saya berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat," kata Nasrul Abit.

Baca: Link Live Streaming Pembukaan/Opening Ceremony Asian Games 2018 Pukul 19.00 WIB

Saat ini, sebut Nasrul Abit, fasilitas pendukung penyelenggaraan MTQ ke XXVIII pada 2020 di Sumbar lengkap. Selain ada Masjid Raya Sumatera Barat sebagai sentra kegiatan nantinya, juga ada beberapa fasilitas perguruan tinggi yang bisa digunakan.

Di antaranya Univesitas Negeri Padang, Universitas Putra Indonesia, Universitas Islam Nageri, Unverisitas Andalas, dan Universitas Baiturrahamah. "Kemudian hotel berbintang juga siap menampung 10.000 orang tamu dan ketersedian transportasi yang cukup," ujarnya.

Baca: Azzahra Permatahani Perenang Riau Besok Berlaga di Asian Games, Mau Pecahkan Rekor Ini

Soal penganggaran penyelenggaraan MTQ Nasional ke XXVIII, mantan Bupati Pessel itu menyebut akan dianggarkan tahun jamak, 2019 dan 2020 dan tetatif anggaran yang disediakan sebesar Rp125 miliar. "Jika masih kurang, nanti akan dicukupi pada tahun penyelenggaraan," pungkas Nasrul Abit.(*)

Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved