Berita Riau

VIDEO: Alumni SMPN 4 Pekanbaru Angkatan 81 Melakukan Khitanan Masal

Ketua Panitia gelaran Khitanan Masal Alumni SMPN 4 angkatan tahun 1981, Merza Gamal mengatakan kegiatan sosial khitanan masal

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU -- Ketua Panitia gelaran Khitanan Masal Alumni SMPN 4 angkatan tahun 1981, Merza Gamal mengatakan kegiatan sosial khitanan masal ini merupakan agenda rutin yang dilakukan para alumni untuk membantu para keluarga kurang mampu memiliki anak lelaki untuk melakukan perintah agama tersebut.

Gelaran acara khitanan tahun ini oleh para alumni mengangkat tema Meraih Takwa Dengan Saling Berbagi Dalam Semangat Kemerdekaan dan Idul Qurban.

Khitanan merupakan kewajiban yang mesti dilakukan para pria yang beragama muslim saat umur menjelang akhir baliq.

Baca: Jadwal Bulutangkis Asian Games 2018: 20 Atlet Indonesia Siap Berlaga, Turnamen Terakhir Liliyana

Baca: Atlet Senam Riau M Aprizal: Ini Pertama Sekali Saya Tampil di Asian Games 2018

Umur 10 tahun di masa perkembangan dan pertumbuhan anak yang cepat saat ini dirasa sudah cukup untuk dapat menjalankan khitan tersebut.

Merza mengatakan biasanya kegiatan ini dilakukan oleh para alumni saat masa libur panjang anak sekolah.

"Tahun ini sengaja kita lakukan berbeda karena ingin bersamaan memperingati Hari Kemerdekaan dan bersempena perayaan Idul Adha," tuturnya.

Baca: Emrizal Serahkan Uang Saku untuk 9 Atlet Lagi

Ia mengatakan ini dua momen tersebut berdekatan sehingga anak yang mengikuti khitanan dapat waktu libur sebagai masa penyembuhan pasca melakukan hal tersebut.

Dia juga menyampaikan biaya kegiatan yang dilakukan tersebut berasal dari para alumni yang saat ini banyak tersebar di Riau dan di Jakarta.

"Saat ini ada sekitar 300 lebih alumni dari SMPN 4 angkatan 1981 yang masih aktif dan berkarya di berbagai bidang," katanya.

Ia mengatakan banyak dari para alumni hidup bekecukupan. Karena itu sebagai peran serta para alumni untuk membantu sesama digelar kegiatan Khitanan Masal.

"Kita berharap dari kegiatan ini para orang tua yang belum mampu melakukan khitanan bagi anak lelakinya karena kurang biaya bisa terbantu," pungkasnya.

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved