Siak

Lewat Kegiatan Salud, Dishub Siak Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas pada Anak TK dan PAUD

Lewat program Salud, Dishub Siak memberikan pengetahuan pada anak-anak TK dan PUD tentang tertib berlalu lintas

Lewat Kegiatan Salud, Dishub Siak Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas pada Anak TK dan PAUD
Tribun Pekanbaru/Mayonal Puerta
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) menerangkan rambu lalu lintas kepada anak TK kecamatan Mempura, dalam kegiatan Salud, Kamis (16/8/2018) di Taman Lalu Lintas, Tanjung Agung, Siak. 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Bidang Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Siak menjemput anak didik TK dan SD ke sekolah masing-masing untuk dibawa ke Taman Lalu Lintas, di kompleks Tanjung Agung, Mempura.

Kemudian mengenalkan rambu lalu lintas yang terpajang di taman tersebut.

Baca: Bendera Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Talamau Sumatera Barat

"Ada ide untuk memberikan pengetahuan awal tentang lalu lintas kepada anak TK dan SD, terkait pemanfaatan taman lalu lintas yang kita miliki. Kegiatan itu kami beri nama Sadar Lalu Lintas Usia Dini yang disingkat Salud," kata Kepala Bidang Darat, Dishub Siak, Junaidi, Minggu (19/8/2018).

Baca: Bayi Ini Diberi Nama Adibah Asian Games, Lahir Jelang Pembukaan Asian Games 2018

Ia menguraikan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak untuk melancarkan program Salud itu. Program itu diterima dengan baik, sehingga menjadi proyeksi secara berkekanjutan.

"Alhamdulillah, kegiatan perdana pada Kamis kemarin, berjalan dengan baik. Baik pihak sekolah maupun Diskdikbud, sangat apresiasi atas kegiatan ini," kata dia.

Baca: Sosok Defia Rosmaniar, Sumbang Emas Perdana di Asian Game 2018, Belajar Taekwondo Usia 13 Tahun

Karena itu pula, sambung Junaidi, Program Salud dilanjutkan secara continiu. Bahkan menariknya, program ini akan dimasukkan ke program Salud pemerintah provinsi Riau.

"Untuk keamanan anak sudah kita bahas secara mendetail. Anak -anak akan kita jemput dan diantar kembali ke sekolah oleh Dinas Perhubungan," kata dia.

Pelaksanaan kegiatan Salud dilakukan dengan pengenalan keselamatan berlalu lintas kepada anak usia dini. Sehingga melibatkan TK dan SD se -kabupaten Siak.

Baca: Semangati Suami yang Padamkan Karhutla, Ibu-Ibu Persit Kodim Dumai Bawa Bekal ke Lokasi

Untuk tahap awal, kegiatan SALUD dilakukan rutin kepada anak TK yang berada di kecamatan Mempura dan Siak. Mereka dijemput secara bergiliran setiap minggu dan dibawa ke taman lalu lintas Tanjung Agung Siak Sri Indrapura.

Materi pengenalan keselamatan antara lain pengenalan bagian jalan dan kendaraan, sosialisasi penggunaa helm, pengenalan rambu lalu lintas dan marka jalan, pengenalan tata cara berjalan kaki yang selamat, pengenalan lampu lalu lintas dan pengenalan tata cara menyeberang jalan.

"Mudah-mudahan bulan depan kita dapat melibatkan anak SD dan kecamatan lainnya," kata dia.

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved