Bengkalis

Polbeng Ikuti Pertukaran Mahasiswa Magang Luar Negeri di selenggarakan SEAMEO

Program tersebut melibatkan Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura, Thailand dan Filipina

Polbeng Ikuti Pertukaran Mahasiswa Magang Luar Negeri di selenggarakan SEAMEO
Istimewa
Polbeng Bengkalis melepas tiga mahasiswanya berangkat dalam program pertukaran magang luar negeri, Sabtu (18/8) kemarin. 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Enam mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dikirim keluar negeri dalam rangka pelaksanaan program pertukaran magang luar negeri yang diselenggarakan oleh South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) bersama sejumlah perguruan tinggi vokasi di Asia Tenggara.

Program tersebut melibatkan Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura, Thailand dan Filipina dengan nama Program South Asia Technical and Vocational Education Training (SEA-TVET).

"Kegiatan ini sudah terealisasi dengan diberangkatkannya mahasiswa sejak tanggal 11 Agustus 2018 lalu. Tercatat ada 65 perguruan tinggi dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina yang berpartisipasi dalam program ini," ungkap bagian kerjasama internasional Polbeng sekaligus koordinator program magang smeo-tvet Polbeng, M Alkadri Perdana, Sabtu (18/8) kemarin.

Baca: Kadisnakkeswan Riau: Daging Kurban Harus Penuhi Syarat ASUH

Alkadri mengatakan Polbeng sebagai satu diantara kampus Politeknik Negeri di Provinsi Riau yang berpartisipasi dalam program ini ikut mengirimkan enam mahasiswauntuk magang di perguruan tinggi di Malaysia, Thailand dan Filipina.

"Tiga dari enam mahasiswa tersebut, yakni Fitri dari D4 program Studi Administrasi Bisnis Internasional, Ravika Wulandari, program Studi D3 Bahasa Inggris Bisnis sudah berangkat ke Thailand dan Anggi hendrianto dari Program Studi D4 Teknik Listrik sudah berangkat ke Filipina pada tanggal 11 Agustus 2018 yang lalu," jelas Alkadri.

Sedangkan tiga mahasiswa lainnya atas nama Ilham Saputra dan Sabri N dari Program Studi D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, serta Roni Akmal dari Program Studi D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan berangkat ke Malaysia pada tanggal 18 Agustus 2018 ini.

Menurut Alkadri, program pertukaran magang ini akan dilaksanakan selama satu bulan, dimana peserta yang diberangkatkan sebelumnya telah mengikuti dan lolos seleksi yang diadakan pihak penyelenggara SEAMEO.

“Selama magang, para peserta akan dikenalkan dengan kampus tempat mereka magang, jurusan jurusan di kampus tersebut, serta pengenalan budaya negara tersebut," tambahnya.

Baca: Sejak 2009, Separuh dari 1000 Gol Barcelona Ternyata Dicetak Lionel Messi

Selain mengirim mahasiswanya, Polbeng juga akan menerima dua orang mahasiswa dari Politeknik Ungku Omar Malaysia untuk magang selama seminggu di Politeknik Negeri Bengkalis dan 3 minggu di perusahaan PT Indah Kiat sebagai mitra industri Polbeng.

"Ini adalah pertama kalinya Polbeng mengikuti program pertukaran magang ke luar negeri dan merupakan salah satu langkah awal untuk menjadikan Polbeng sebagai salah satu kampus vokasi terkemuka berstandar internasional," tandasnya Alkadri. (*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved