Breaking News:

Video : Penyelundupan Bibit Lobster Senilai Rp 30 Miliar Lebih Berhasil Digagalkan

Penyelundupan Bibit Lobster Senilai Rp 30 Miliar Lebih Berhasil Digagalkan

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU-Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Pekanbaru, Senin (20/8/2018) Malam menerima sekitar 202.500 ribu bibit lobster hasil penangkapan dari empat orang pelaku oleh Jajaran polres Indragiri Hilir.

Bibit lobster ini sedianya akan diselundupkan ke luar negeri oleh pelaku. Para pelaku diamankan di Jalan Lintas Kotabaru - Selensen di Sungai Intan Desa Kuala Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Inhil pada hari Senin, dinihari.

Bibit Lobster dikemas dalam puluhan kantung plastik bening yang selanjutnya dikemas dalam kotak stereofoam sebanyak 27. Kotak stereofoam ini disimpan di dalam dua mobil, Inova dan avanza.

Pelaku yang diamankan, Zainal Arifin bin Rasyid, Afdilla Riandi Syadun bin Zainal Arifin, Maryanto, dan Radhiyatul Hayat.

Baca: Bosan dengan Sate dan Sop Kambing? Nasi Minyak Kare Kambing Ini Bisa Disajikan Saat Idul Adha

Kepala pusat karantina ikan Kementerian Kelautan RI, Riza Priyatna, Senin malam kepada wartawan menerangkan jika modus penyelundupan bibit lobster ini dilakukan dengan mengemasnya dalam kantung plastik untuk tujuan ke Singapura.

Nilai total seluruh bibit lobster ini mencapai Rp 30 Mikiar 375 Juta. Di pasaran, bibit ini dihargai hingga Rp 150 ribu per ekor. Potensi besar bibit lobster ini mulai tahun 2016 lalu diproteksi oleh pemerintah dengan Peraturan menteri Perikanan dan kelautan melalui Permen 56. Dalam aturan itu diberi batasan ekspor Lobster. Ekspor hanya diperbolehkan untuk lobster berat 200 gram.

Di sumatera lobster berkembang biak di kawasan pesisir barat mulai dari Lampung hingga Aceh. Bibit lobster hasil tegahan ini selanjutnya akan dilepas liarkan ke pantai barat Sumatera Barat.

Baca: Dini Hari, 7 Rumah di Kepulauan Meranti Ludes Dilahap Si Jago Merah

Penulis: Ilham Yafiz
Editor: Aan Ramdani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved