Idul Adha 2018

VIDEO: Idul Adha, Harga Bahan Dapur di Pasar Dupa Pekanbaru Merangkak Naik

Jika di hari biasa dijual rata-rata senilai Rp 25 ribu perkilogramnya, sekarang rata-rata dijual Rp 32 ribu.

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rabu (22/8/2018), sekira pukul 11 siang, usai shalat Idul Adha, pasar Dupa di Jalan Jenderal Sudirman sudah mulai dipadati ratusan masyarakat Pekanbaru untuk membeli bahan atau keperluan dapur.

Dari pantauan Tribun, kondisi ini belum terlalu ramai bila kita bandingkan dari hari biasa. Hanya satu dua orang pembeli yang berbalanja di setiap satu pedagang.

Beragam keperluan dapur dijual di pasar Dupa ini. Beberapa di antaranya ada yang mulai merangkak naik dari sisi harga, serta ada pula yang tetap berada di harga stabil.

Baca: Detik-detik The Sacred Riana Merayap di Dinding pada Perempat Final Americas Got Talent 2018

Baca: VIDEO: Ustaz Abdul Somad jadi Khatib, Jamaah Tumpah Ruah di Masjid Raudhatus Shalihin Pekanbaru

Pantauan dari beberapa orang pedagang, cabe merah biasa dari provinsi Sumatera Barat, merangkak naik mencapai Rp 7 ribu sampai dengan Rp 8 ribu di hari raya idul adha.

Jika di hari biasa dijual rata-rata senilai Rp 25 ribu perkilogramnya, sekarang rata-rata dijual Rp 32 ribu.

Bawang merah Solok, naik Rp 4 ribu sampai dengan Rp 5 ribu perkilogramnya. Rp 25 ribu perkilo untuk ukuran sedang, dan Rp 28 ribu sampai sampai Rp 30 ribu perkilo untuk ukuran jumbo.

Baca: Final Bulutangkis Asian Games 2018: Partai Final Pertama Tim Putra Indonesia Sejak 16 Tahun Silam

Bawang putih yang biasanya dijual Rp 20 ribu perkilogramnya, saat ini dijual Rp 24 ribu sampai dengan Rp 25. Bawang bombay dari harga Rp 15 ribu perkilo, saat ini dijual Rp 25 ribu.

Keperluan dapur jenis sayur juga tidak kalah dan terpantau merangkak naik pada moment hari raya idul adha. Rata- rata naik Rp 2 ribu perkilogram. Wortel Rp 16 ribu, brokoli Rp 18 ribu, lobak singgalang Rp 16 dan kol 15 ribu.

Sementara itu, kenaikan luar biasa terjadi pada jenis daun sup. Kerpeluan dapur ini dijual rata-rata Rp 60 ribu perkilonya, atau naik Rp 20 ribu rupiah dibanding hari-hari biasa.

Sedangkan untuk bumbu dapur giling, cendrung lebih stabil. Di salah satu tempat penjulannya di pasar Dupa, terpantau cabe giling dijual Rp 28 ribu perkilo, kunyit giling 6 ribu perkilo, bawang putih Rp 20 perkilo, jahe Rp 14 ribu dan serai giling Rp 6 ribu.

Tags
harga
pasar
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved