Berita Riau

Balai Bahasa Riau Gelar Pekan Bahasa dan Sastra, Berikut Syarat dan Jadwalnya

Balai Bahasa Provinsi Riau akan menyelenggarakan Pekan Bahasa dan Sastra, dari tanggal 3 hingga 7 September 2018 mendatang.

Tribun Pekanbaru/Alex Sander
Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs Umar Solikhan, M Hum 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM – Untuk menggairahkan dan menyemarakkan penggunaan berbahasa dan bersastra, serta meningkatkan prestasi literasi, Balai Bahasa Provinsi Riau akan menyelenggarakan Pekan Bahasa dan Sastra, yang dilaksanakan di Hotel pesona Pekanbaru, dari tanggal 3 hingga 7 September 2018 mendatang.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs Umar Solikhan, M Hum mengatakan , sejak awal dilaksankaan kegiatan peringatan pekan sastra tersebut tahun 2014 lalu, hingga saat ini merupakan tahun kelima diselenggarakan kegiatan tersebut.

 “Ini merupakan tahun kelima kami laksanakan kegiatan pekan sastra. Kami mengundang masyarakat umum dan pegawai di berbagai instansi untuk ikut bergabung dalam kegiatan ini,” kata Umar kepada Tribun diu ruang kerjanya, Senin (27/8).

Baca: Inilah Bambang Hartono, Atlet Tertua Asian Games 2018 & Orang Terkaya di Indonesia, Berapa Usianya?

Dikatakan Umar, adapun tema yang diangkat pihaknya untuk tahun ini adalah Melalui Pekan Bahasa dan Sastra Kita Tingkatkan Prestasi dan Literasi Anak Bangsa.

“Tujuan kita mengambil tema ini adalah meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya sastra di Riau, dan meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap Bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini, beberapa lomba pendaftaran masih dibuka hingga saat ini.

Di antaranya adalah, dendang syair, lomba pidato tingkat SMP, dan lomba pembawa acara untuk instansi.

“Kuotanya sampai 50 peserta, hingga saat ini masih belum penuh terisi pesertanya. Sedangkan untuk lomba musikalisasi puisi dan debat berbahasa Indonesia kuotanya sudah penuh. Nantinya pemuncak musikalisasi puisi akan dikirim ke tingkat nasional, pada Oktober 2018 mendatang,” tuturnya.

Dijelaskannya, pendaftaran peserta pekan bahasa sudah dimulai sejak 9 Agustus 2018 lalu, hingga 2 September 2018, melalui sambungan telepon narahubung.

Halaman
12
Penulis: Alex
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved