Berita Riau

Pembangunan Jembatan Siak IV sudah Capai 50 Persen, Desember 2018 Selesai 100 Persen

Pembangunan Jembatan Siak IV sudah mencapai 50 persen, dan pada Desember 2018 kontraktor menargetkan sudah mencapai 100 persen

Pembangunan Jembatan Siak IV sudah Capai 50 Persen, Desember 2018 Selesai 100 Persen
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Jembatan Siak IV Pekanbaru tengah dalam tahap pengerjaan, Jumat (6/7/2018). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pembangunan Jembatan Siak IV hingga saat ini sudah mencapai 50 persen, dan pada Desember 2018 kontraktor menargetkan pengerjaan sudah mencapai 100 persen.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Riau, Yunan Aris kepada Tribunpekanbaru.com pada Senin (27/8) menyebut, pengerjaan Jembatan Siak IV sudah sampai 50 persen, 50 persen sisanya pengerjaannya tidak susah lagi, karena semua peralatan sudah ada di lokasi.

"Sekarang progres pembangunan Jembatan Siak IV sudah 50 persen, peralatan sudah ada di lokasi dan kabel penghubung juga sudah ada," ujar Yunan Aris.

Baca: Akhir Agustus Ini Ustaz Abdul Somad Dakwah ke Talang Mamak

Baca: Tersangka Peragakan 22 Adegan, Polres Bengkalis Gelar Rekonstruksi Pembunuhan di Kelapapati

Menurut Yunan Aris, saat ini masih dalam pengerjaan pylon (tiang penyangga) dan tentunya sesuai target pada bulan November bisa dituntaskan pembangunan dan target jembatan bisa tuntas Desember.

"Target tahun ini bisa tuntas juga pada Desember, kami berharap tidak ada gangguan lagi, karena sekarang tiap malam ada lembur di lapangan," kata Yunan Aris.

Satu hal yang mengganggu pengerjaan pembangunan jembatan ini adalah hujan, sehingga mereka juga berharap jangan sampai ada hujan lebat di sekitaran Jembatan Siak IV tersebut.

"Kalau hujan, itu sangat mengganggu pengerjaan," jelas Yunan Aris.

Sementara, terkait koordinasi dengan Badan Keselamatan Jalan dan Jembatan Nasional (BK2JN) tidak ada masalah, karena pihak BK2JN terus memantau kondisi di lapangan.

Baca: Ponsel Oppo R17 Pro Dibanderol Rp 9 Juta Dibekali 2 Baterai dan 3 Kamera Belakang

Baca: Bertabur Bintang Kpop Penutupan Asian Games 2018, Inilah Sejumlah Artis yang Akan Tampil

"Hasil komunikasi nanti, mereka mau turun setiap perkembangan, karena melanjutkan pekerjaan lama. Intinya, kalau rekomendasi tidak bisa dipakai, maka ada syarat tertentu demi keselamatan masyarakat," jelas Yunan.

Selain Jembatan Siak IV, progres dua fly over di Pekanbaru juga menurut Yunan sudah cukup baik. Fly over simpang SKA progresnya sudah mencapai 41 persen, sedangkan fly over di simpang Pasar Pagi Arengka sudah mencapai 31 persen.

"Masih berjalan sesuai dengan rencana, bahkan di atas target, tiang pendukung sudah selesai, tanjakan masuk juga sudah dan sekarang tinggal menunggu girder (penyambung) untuk selanjutnya dipasang," ujar Yunan.

Saat ditanya tentang tunda bayar proyek, menurut Yunan Aris sampai saat ini belum ditetapkan mana saja proyeknya.

Hanya saja, untuk proyek strategis tidak mungkin dilakukan tunda bayar.

"Kalau proyek strategis tidak ada tunda bayar, fly over ada dua dan tambah Jembatan Siak IV, meskipun ada nanti untuk proyek lain wacananya ada tunda bayar sebesar 20 persen. Namun kalau tunda salur masuk tidak jadi tunda bayar," jelas Yunan. (*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved