Festival Pacu Jalur 2018

VIDEO: Festival Pacu Jalur Mendunia, Tradisi Turun Temurun Sejak Ratusan Tahun Lalu

"Pacu Jalur merupakan tradisi budaya masyarakat yang sudah berumur ratusan tahun, dilaksanakan secara turun-temurun,"

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU -- Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang membuka secara resmi kegiatan Pacu Jalur Kuansing pada Rabu (29/8) ini, memberikan penjelasan terkait berlangsungnya kegiatan Pacu Jalur tersebut hingga saat ini.

Dikatakan pria yang akrab disapa Andi Rachman ini, pacu jalur sudah ratusan tahun dilaksanakan do Kuansing, dannsudah menjadi tradisi budaya hingga saat ini.

"Pacu Jalur merupakan tradisi budaya masyarakat yang sudah berumur ratusan tahun, dilaksanakan secara turun-temurun," kata Andi dalam sambutannya.

Baca: VIDEO: Jokowi dan Prabowo Pelukan Viral, Postingan Gibran Rakabuming jadi Sorotan

Baca: VIDEO: Sewa PSK Saat Asian Game 2018, 4 Atlet Jepang Dijatuhi Sanksi dari JBA

Dia juga menjelaskan, dalam melaksanakan agenda Pacu Jalur tersebut, juga banyak fungsi kultural, edukatif, cinta tanah air dan lainnya, yang terkandung sebagai nilai-nilai luhur bagi masyarakat setempat.

"Pacu Jalur juga memiliki fungsi kultural, edukatif, ideologis, nilai-nilai solidaritas sosial dan kekeluargaan serta rasa cinta tanah air. Inilah yang menjadikan Festival Pacu Jalur mengangkat nilai-nilai luhur dan budaya masyarakat setempat," tuturnya.

Baca: VIDEO: Neno Warisman Pakai Mikrofon di Pesawat, Pilot dan Pramugari Dijatuhi Sanksi

Dia juga menjelaskan, festival Pacu Jalur yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan masyarakat di Kabupaten di sana telah menjadi salah satu sektor pariwisata unggulan.

"Festival Pacu Jalur ini memiiliki keunikan tersendiri yakni prosesi membuat jalur atau sampan, yang begitu lama dan diperlukan keahlian khusus dalam merancangnya," ujarnya.

Penulis: Alex
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved