Breaking News:

Blok Rokan Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi, Arcandra Tahar: Pertamina dan Riau Harus Duduk Bersama

Arcandra Tahar mengumumkan pengelolaan lapangan minyak, blok Rokan di Provinsi Riau akan dikelola Pertamina mulai 2021 mendatang

net
ilustrasi ladang minyak bumi 

TRIBUNPEKANBARU.COM – Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengumumkan pengelolaan lapangan minyak, blok Rokan di Provinsi Riau akan dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina mulai 2021 mendatang.

Informasi tersebut disambut penuh antusias dengan berbagai harapan oleh masyarakat Indonesia, khususnya warga Riau.

Bagaimana tidak, kekayaan alam itu sudah dikelola oleh perusahaan asing, PT Chevron Pacific Indonesia sejak 1971 yang dulunya bernama Caltex.

Seluruh elemen masyarakat Riau cepat tanggap dan menyiapkan instrument untuk ikut serta mengelola kekayaan alam yang berlimpah itu.

Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) berharap agar pengelolaan ladang minyak Blok Rokan diserahkan ke Riau melalui perusahaan di daerah.

Hal ini dimaksudkan agar Riau memperoleh nilai tambah lebih dengan keberadaan ladang minyak tersebut.

"Kita bersama segenap komponen masyarakat Riau akan berjuang untuk itu," ujar Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (MKA LAMR), Datuk Seri Al azhar.

Permintaan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, Riau memiliki pengalaman dalam mengelola CPP Blok di Siak yang melibatkan sejumlah kabupaten/ kota dengan 85 persen sumber daya manusia berasal dari Riau.

"Oleh karena itu, tidak mustahil pula blok Rokan dikelola oleh daerah ini. Soal legalitas pengelolanya, seperti perusahaan mana di daerah yang patut, kita bicarakan kemudian,"jelas Al azhar.

Di lain pihak, DPRD Riau akan membentuk Peraturan Daerah (Perda ) BUMD khusus Migas, untuk pengelolaan Blok Rokan, dan mendapatkan Participating interest (PI) 10 Persen.

Halaman
1234
Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved