Breaking News:

Berita Riau

Pemprov Riau Serius Ajak Masyarakat Beralih ke Sagu, Kandungan Gulanya Rendah

Pemerintah Provinsi Riau memang saat ini tengah gencar-gencarnya mempromosikan sagu sebagai pengganti karbohidrat di Riau.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
ILUSTRASI - Sebanyak 369 makanan olahan berbahan dasar sagu disajikan pada festival Sagu Menyapa Dunia di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (25/10/2016). Pada acara tersebut Provinsi Riau berhasil mencatat rekor terbanyak di nasional dengan menyajikan 369 makanan olahan berbahan dasar sagu dan meraih piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah pProvinsi Riau memang saat ini tengah gencar-gencarnya mempromosikan sagu sebagai pengganti karbohidrat di Riau.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari pemerintah pusat untuk menukar karbohidrat jenis beras yang bisa diganti di Indonesia.

Selain itu, cara ini diambil untuk mengurangi ketergantungan pada beras di saat Riau masih bergantung pasokan dari daerah tetangga.

Kondisi tersebut membuat kekhawatiran pemerintah akan terjadinya kekurangan pangan jika terjadi sesuatu pada daerah penyuplai beras.

Baca: Riau Dibayangi Ancaman Kekurangan Pangan, 64 Persen Tetap Bergantung dari Provinsi Tetangga.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi berharap sagu produksi Riau lebih terkenal lagi dan benar-benar bisa menggantikan karbohidrat dari beras ke sagu sebab gula yang dikandung sagu ini cukup rendah dan bisa solusi untuk kesehatan juga.

"Bayangkan karbohidrat sagu ini hanya mengandung gula 0,5 persen, sekarang kita sedang serius untuk mengajak masyarakat beralih ke sagu," ujar Andi Rachman sapaan akrab Gubri.

Selain terus perkenalkan sagu Riau dengan produksi yang luar biasa, Pemprov Riau juga berupaya untuk menekan alih fungsi lahan yang selalu dilakukan masyarakat beralih ke perkebunan kelapa sawit dan karet.

"Alih fungsi lahan juga harus dihentikan jangan sampai lahan sawah itu semakin sempit, dan semuanya sudah kita ajak Kabupaten/Kota di Riau," ujar Andi.

Salah satu upaya memperkenalkan sagu sebagai karbohidrat selain beras di Provinsi Riau yaitu diperkenalkan dengan cara lomba memasak antar kabupaten kota di Riau.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved