Breaking News:

Pekan Life

Damkar Gelar Kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana

Saat ini tugas dan fungsi dari Damkar bukan hanya menangani bencana kebakaran. Namun, sebagai penyelamatan jiwa.

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: CandraDani
istimewa
Asisten Administrasi dan Umun Setdako Pekanbaru Baharuddin foto bersama usai membuka acara Kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru Teddy Tarigan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Pekanbaru, taja kegiatan pemantauan dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam tahun 2018 pada Sabtu (1/9/2018) di Hotel Resti Menara, Pekanbaru.

Kegiatan ini resmi dibuka kemarin Jumat (41/8/2018) oleh Asisten 3, Setdako Pekanbaru, Baharuddin dan direncakan berakhir hari Sabtu  ini.

Turut hadir dalam acara itu Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, Sekretaris, Irni Dewi Tari, Kabid Pencegahan, Rahmadi Eka Surya, S.S, M.Si. Selain itu Kabid Sarana dan Prasarana, Ir Dino Prima, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Frend Berg, S.Sos serta ratusan peserta dari perwakilan kelurahan.

Tampak juga hadir dari tamu lainnya Camat Payung Sekaki, Zarman Candra, pihakTagana, Basarnas, BMKG serta dari pihak kepolisian.

Baca: Siaran Langsung Liverpool Vs Leicester Disiarkan di Sini Jam 18.30 WIB

Baharuddin mengatakan, bahwa Pemko Pekanbaru mendukung kegiatan tersebut karena dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan penanganan bencana Kebakaran segera ditindaklanjuti dengan tangap dan cepat.

"Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini akan cepat mendapatkan informasi secara cepat diakses terkait insiden kebakaran. Memang untuk Kota Pekanbaru tidak ada bencana alam. Namun, yang terjadi ada insiden kebakaran. Pak Kadis tadi bilang akan ada informasi yang secara cepat terkait penanggulangan bencana. Bahkan, kedepan akan tercipta sinergitas dengan pihak terkait, sehingga jika ada musibah kebakaran segera ditangani, " ujar Baharuddin.

Baharuddin yang juga menjabat Kadisdukcapil ini menambahkan, saat ini kondisi keuangan Pemko Pekanbaru mengalami rasionalisasi.

Namun, nantinya ia akan membahas terkait anggaran, sshingga kedepan masalah kendaraan mobil bisa diatasi secara bertahap.

Baca: Tak Sangup Lari, Ular Kobra Ini Muntahkan Kembali 9 Butir Telur Ayam Utuh yang Dicurinya

"Ya nantilah kita usulkan untuk anggaran terkait mobil tangga. Ini tentu secara bertahap. Mudah-mudahan kedepannya ada solusinya, sehingga kinerja dari dinas Damkar dan penyelamatan dalam menanangi bencana kebakaran bisa diatasi dengan cepat, " ujar Baharuddin.

Sementara itu, Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Pekanbaru, Burhan Gurning kepada wartawan menjelaskan, bahwa saat ini tugas dan fungsi dari dinas Damkar ini bukan hanya menangani bencana kebakaran.

Namun, pihaknya sebagai penyelamatan seperti ada orang yang terjun ke sungai, ingin bunuh diri serta yamg lainnya menyangkut penyelamatan.

"Jadi tugas kita cukup berat. Karena saat ini yang. namanya penyelamatan kita yang tangani semua. Oleh sebab itu, dinas Damkar saat ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab predikat kita saat ini setara dengan dinas seperti PUPR, Kesehatan dan Pendidikan. Oleh sebab itu, butuh informasi yang akurat dan cepat dalam menangani suatu musibah kebakaran dan memberikan penyelamatan, terhadap korbannya, " ujar Gurning.

Baca: Liga Inggris, Salah Cetak 2 Gol Kemenangan ke Gawang Leicester, Akankah The Foxes Kembali Keok

Dijelaskan Gurning, dengan dilaksanakan kegiatan pemantauan dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam itu, diharapkan kepada peserta yang ikut agar memahami dan mengikuti dengan seksama dan serius, sehingga apa yang didapatkan bisa diimplementasikan dalam penanganan bencana kebakaran.

"Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari perwakilan kelurahan. Adapun peseta yang ikut ini diberi nama Barisan Sukarela Kebakaran (Balakar). Dengan begitu, mereka ini akan diberikan pelatihan tata cara untuk penanganan bencana kebakaran. Sebingga kedepannya mereka akan disiapkan juga sebagai ujung tombak di setiap kelurahan," sebut Gurning.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved