Padang

Festival Selaju Sampan Resmi Digelar, 32 Tim Adu Kecepatan di Lintasan Sungai Batang Arau

Event tahunan Festival Selaju Sampan oleh Dinas Pariwisata Kota Padang di Sungai Batang Arau resmi dibuka

Festival Selaju Sampan Resmi Digelar, 32 Tim Adu Kecepatan di Lintasan Sungai Batang Arau
Istimewa
Event tahunan Festival Selaju Sampan (balapan sampan) yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Padang di Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, secara resmi dibuka oleh Walikota Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (1/9/2018). 

Laporan kontributor tribunpadang.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Event tahunan Festival Selaju Sampan (balapan sampan) yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Padang di Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, secara resmi dibuka oleh Walikota Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (1/9/2018).

Festival Selaju Sampan yang digelar dalam rangka HUT Kota Pasang ke-439 dan HUT Kwmetdekaan RI ke-73 tahun itu, digelar selama dua hari yang dimulai pada 1-2 September, dan diikuti oleh 32 tim yang berasal dari kelurahan-kelurahan yang tersebar di kawasan pesisir pantai Kota Padang.

Event tahunan Festival Selaju Sampan (balapan sampan) yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Padang di Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, secara resmi dibuka oleh Walikota Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (1/9/2018).
Event tahunan Festival Selaju Sampan (balapan sampan) yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Padang di Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, secara resmi dibuka oleh Walikota Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (1/9/2018). (Istimewa)

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Selaju Sampan ini merupakan kesenian anak nagari, dan tentunya kesenian ini harus dipertahankan. Untuk itu, Pemko Padang melalui Dinas Pariwisata, akan terus berusaha membudidayakan kesenian ini.

"Salah satunya melalui festival ini. Dan alhamdulillah, antusias peserta pun lumayan banyak. Ada 32 tim. Mudah-mudahan, melalui festival ini, kesenian Selaju Sampan terus dipertahankan oleh generasi selanjutnya," kata Mahyeldi usai membuka Featival Selaju Sampan, Sabtu siang.

Baca: Hasil Final Sepakbola Asian Game 2018, Perebutan Perunggu Vietnam vs UAE, Babak 1 Skor 1-1

Baca: Mardani Tertangkap Saat Operasi K2YD dan C3, Ternyata Dia Miliki Sabu-sabu

Pada Festival Selaju Sampan uang digelar rutin setiap tahun sejak 2015 itu, lanjutnya, masing-masing sampan diisi oleh 12 orang pedayung, dan mereka akan adu kecepatan di lintasan sepanjang 400 meter yang disediakan penyelenggara di Sungai Batau Arau.

Bahkan, bagi tim dayung yang berhasil menyentuh labu di garis finish dianggap sebagai pemenang dan berhak melaju ke babak selanjutnya. Sebab, olahraga ini menggunakan sistim gugur.

"Pada festival ini, panitia menyediakan seekor sapi sebagai hadiah, plus trophy," ujarnya.

Mahyeldi berharap agar Festival Selaju Sampan ini dapat menjadi upaya pemersatu bangsa, karena olahraga tradisional ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan kekompokan.

"Untuk itu, kepada semua peserta harus mengedepankan sportivitas," pungkas Mahyeldi.(*)

Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved