Detik-detik KMP Ihan Batak Dipindahkan ke Danau Toba, Oktober Ini Siap Layani Wisatawan

Kapal yang diberi KMP Ihan Batak ini dilepaskan ke Danau Toba di Desa Parparean II Kecamatan Porsea Kabupaten Toba Samosir.

tribunmedan.com
KMP Ihan Batak 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah baru merampungkan satu unit kapal berukuruan besar untuk melayani transportasi penyeberangan ke Pulau Samosir, Sabtu (1/9/2018).

Kapal yang diberi KMP Ihan Batak ini dilepaskan ke Danau Toba di Desa Parparean II Kecamatan Porsea Kabupaten Toba Samosir. 

Dalam acara pelepasan ini tampak hadir Dirjen Derhubungan Darat, Budi Setiadi, Bupati Tobasa Darwin Siagian, dan Kepala Pengembangan Badan Otorita Danau Toba (BODT), Ari Prasetio.

Budi Setiadi mengutarakan sampai tahun 2020 akan diluncurkan 4 unit kapal penyeberangan sejenis. "Saat ini juga sedang berlanjut fabrikasi 1unit lagi," ujarnya.

Menurutnya kehadiran KMP Ihan Batak ini adalah bentuk komitmen Presiden Joko Widodo yang menjadikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata international.

KMP Ihan Batak ini awalnya direncanakan untuk melayani penumpang pada liburan Natal dan Tahun Baru 2019, namun rampung lebih awal.

"Syukur pada Tuhan, KMP Ihan Batak telah diluncurkan hari ini untuk rute Ajibata-Ambarita Samosir yang direncanakan awal Oktober sudah beroperasi," ujar Arie Prasetyo.

Baca: Tak Hanya Ponsel, Xiaomi Luncurkan Produk Mungil Ini, Berikut Fungsinya

Baca: Bagi Kaum Hawa yang Sering Tidur Menyamping, Ternyata Bisa Ubah Bentuk Payudara Lho

Baca: Ariana Grande Diduga Digerayangi Saat Pemakaman Ratu Soul Aretha Franklin

"Semoga dengan kehadiran KM Ihan Batak ini, penyeberangan semakin lancar ke Kabupaten Samosir," tambahnya.

KMP Ihan Batak ini adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal, sehingga disebut sebagai kapal roll on-roll off atau disingkat Ro-Ro.

Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Kapal Ro-Ro yang akan dipakai untuk penyeberangan ke Samosir. (Facebook/Pemerintah Kabupaten Samosir)
Kapal Ro-Ro yang akan dipakai untuk penyeberangan ke Samosir. (Facebook/Pemerintah Kabupaten Samosir) ()
Halaman
123
Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved