Breaking News:

Ustadz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad Senang Anak-anak Talang Mamak Bisa Mengaji

Ustaz Abdul Somad mendengar serius presentasi Reza dan menonton film dokumenter Tatung yang direkam langsung oleh Reza dan rekan-rekannya.

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Bynton S
Ustaz Abdul Somad berkunjung ke Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). 

TRIBUN PEKANBARU.COM - Ustaz Abdul Somad (UAS) dan rombongan saat mengadakan safari dakwah ke Pedalama Indragiri Hulu, 30-31 Agustus 2018 lalu.

UAS datang ke Talang Mamak tak hanya sebagai Da’i. Ia hadir di sana juga sebagai saudara bagi warga suku di pedalaman Indragiri Hulu itu.

Ustaz Abdul Somad adalah sosok yang begitu dihargai oleh masyarakat Talang Mamak di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Indragiri Hulu.

Tidak hanya sebutan tuan guru yang disematkan padanya, masyarakat tempatan juga memberi gelar suluh sinang. Suluh sinang adalah suluh yang posisinya lebih ditinggikan. Alhasil cahaya-nya menjadi lebih terang dibanding suluh yang lain.

Lewat sentuhan UAS, sebuah pesantren bisa didirikan di pedalaman kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, di awal 2018 ini. Meski jauh dari pusat kota dan keramaian, pesantren ini didirikan permanen.

Bangunannya bertulang beton dan dibalut semen. Rencananya, pesantren yang diberi nama Bustan Al Hikam itu didirikan empat lantai. Namun, saat ini baru dua lantai yang diselesaikan.

Baca: VIDEO: Ustaz Abdul Somad Tidur di Tenda dan Ikut Memanah Tradisional Bersama Suku Talang Mamak

Baca: Warga Talang Mamak Gembira Sambut Kedatangan Ustaz Abdul Somad Sang Pembawa Suluh Sinang

Meski di lantai kedua masih berbentuk ruang lepas. Sedangkan di lantai satu, sudah disekat sederhana menjadi beberapa buah ruangan. 4 ruang untuk ruang belajar, dan 3 ruang lainnya untuk kantor dan gudang.

Ditambah di bagian belakang terdapat asrama untuk santri perempuan. Bangunan pesantren itu akan terus dikembangkan untuk pembuatan asrama bagi santri laki-laki.

Saat ini siswa di pondok pesantren itu berjumlah 18 orang. 9 orang siswa putra dan 9 orang siswa putri. Siswa-siswa anak jati Talang Mamak ini diajar oleh delapan orang.

Mereka mengajar pelajaran agama dan pengetahuan umum. Meski bukan sepenuhnya inisiatif UAS, namun lewat dorongan dan motivasi dari sang Tuan Guru lah pendirian pesantren itu bisa lebih cepat.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved