Breaking News:

Inhu

VIDEO: Ustaz Abdul Somad Tidur di Tenda dan Ikut Memanah Tradisional Bersama Suku Talang Mamak

Ustaz Abdul Somad berkunjung ke Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: David Tobing

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Ustaz Abdul Somad berkunjung ke Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Perjalanan ke Desa Rantau Langsat itu sudah dilakukannya rutin setiap enam bulan sekali. Tujuannya, khusus untuk melihat kondisi anak-anak Suku Talang Mamak yang berada di dalam areal Taman Nasional Bukti Tiga Puluh (TNBT).

Semenjak tahun 2016 lalu hingga tahun 2018, Ustaz Abdul Somad rutin berkunjung ke Desa Rantau Langsat. Ia dianggap menjadi pembawa terang bagi Suku Talang Mamak. Pasalnya selama ini, anak-anak Suku Talang Mamak kesulitan untuk memperoleh pendidikan yang layak, namun dengan kepedulian Ustaz Abdul Somad Desa Rantau Langsat kini memiliki Pondok Pesantren Bustan Al Hikam yang dikelola oleh Yayasan Muara.

Baca: Jadwal MotoGP Misano Italia 2018, Live Streaming Trans 7 dan Fox Sports

Baca: Pengantin Pingsan, Pesta Nikahan Diobrak-abrik saat Mantan Datang ke Pesta Bawa Teman

Ustaz Abdul Somad juga ingat momen pertamanya berkunjung ke Desa Rantau Langsat, dimana tidak satupun orang desa itu yang mengenal dia. Bahkan tidak ada penyambutan untuknya seperti biasa yang diterimanya. Namun dirinya menganggap hal itu merupakan bagian dari perjuangan.

Bahkan perjalananya ke Desa Rantau Langsat dianggap sebagai perjalanan untuk menasehati diri. "Di sini langsung dialami bagaimana mandi ke Sungai, dan tidur di dalam tenda. Di situ kita banyak berpikir, kita sudah terlalu nyaman hidup di kota. Karena itu perjalanan ini untuk menasehati diri," katanya.

Baca: Pedagang Sempat Diminta Pindah, Ternyata Gedung Kir Batal Dibangun Tahun Ini

"Makanya setiap enam bulan sekali kita datang ke sini untuk mengingat diri lagi. Bagi yang lupa, ingat nanti kalau lupa datang lagi," kata Ustaz Abdul Somad.

Selain tidur di dalam tenda, Ustaz Abdul Somad juga belajar memanah tradisional khas masyarakat Desa Rantau Langsat. Tidak ada rasa ragu di dirinya ketika menarik busur dan melepaskan anak panah ke sasaran yang sudah disiapkan.

Selain mengecek gedung Pondok Pesantren Bustan Al Hikam dan menyerahkan sejumlah bantuan untuk pembangunan Pondok Pesantren tersebut, Ustaz Abdul Somad melanjutkan perjalanannya untuk memberikan ceramah pada Tabligh Akbar yang digelar di Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat dan Lapangan Garuda, Air Molek, Kecamatan Pasir Penyu, Inhu

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved