Bengkalis

VIDEO: Kejaksaan Negeri Bengkalis Tahan Kades Putri Sembilan Kecamatan Rupat Utara

Kepala Desa Putri Sembilan kecamatan Rupat Utara bernama Zali resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Bengkalis, Rabu (5/9) siang.

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Kepala Desa Putri Sembilan kecamatan Rupat Utara bernama Zali resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Bengkalis, Rabu (5/9) siang.

Zali direncanakan akan di tahan di Rutan Kelas II B Sialang Bungkuk Pekanbaru.

Zali disangkakan melakukan pinjaman fiktif terhadap bantuan dana pemerintah Bengkalis pada Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) Al Barokah Desa Kadur kecamatan Rupat Utara.

Dimana saat itu UED SP tersebut menerima bantuan melalui APBD Bengkalis sebesar lima miliar rupiah.

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Bengkalis Agung Irawan mengatakan, perbuatan tersangaka mengakibatkan kerugian negara sekitar 687.194.718 rupiah. Kerugian negara ini merupakan hasil dari audit BPKP.

Baca: Hasil Akhir Liga 2 2018 Persita Tangerang Berbagai Angka dengan Semen Padang, Skor 1-1

Baca: Yamaha Alfa Scorpii Sediakan Bermacam Promo Pembelian Yamaha Lexi

"Kita sudah menerima pelimpahan tahap duanya tadi dari penyidik Tipikor Malpolres Bengkalis. Hari ini juga akan kita lakukan penahanan di bawa ke Pekanbaru," ungkap Agung.

Menurut dia, setelah pelimpahan ini, siang langsung di bawa ke Pekanbaru untuk di titipkan di Rutan Sialang Bungkuk. Penahanan dilakukan selama 20 hari kedepan.

"Kita juga akan segera limpahkan perkara ini ke Pengadilan Tipikor Pekanbaru, saat ini sedang menyiapkan dakwaanya," ungkap Agung.

Baca: Rupiah Melemah, Warga Beramai-ramai Tukarkan Dolar hingga Ratusan Juta

Semenatara itu Windrayanto Kuasa Hukum tersangka Zali mengatakan, terkait penahanan kliennya pihaknya akan mengajukan penangguhan penahanan. "Kita akan upayakan penangguhan penahanan," terang Windrayanto usai mendampingi Kliennya tahap II perkara ini

Perkara yang menjerat Zali ini terungkap pada pertengahan tahun 2017 lalu. Dimana pihak Kepolisian Polres Bengkalis melakukan penyelidikan terkait dugaan pinjaman fikfif dilakukam Zali saat itu merupakan ketua UED SP Al Barokah.

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved